Serie A Kian Beraroma Amerika, Atalanta Diakuisisi Pemilik Klub NBA

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 22 Feb 2022 14:00 WIB
ARCHIVO - Los jugadores del Atalanta festejan un gol ante el Olympiacos de Grecia, en la Liga Europa, el jueves 17 de febrero de 2022 (Spada/LaPresse via AP)
Atalanta resmi dibeli saham mayoritasnya oleh pemilik Boston Celtics (AP/Spada)
Bergamo -

Bertambah lagi klub Serie A yang dimiliki pengusaha Amerika Serikat. Kali giliran Atalanta yang diakuisisi oleh pemilik klub NBA Boston Celtics.

Isu soal penjualan saham mayoritas Atalanta memang kencang beredar dalam beberapa pekan terakhir. Antonio Percassi sebagai pemilik Atalanta lewat Percassi Group memang ingin melebarkan sayap klub ke luar Eropa.

Oleh karenanya, Percassi butuh partner untuk mengembangkan idenya agar Atalanta bisa jadi salah satu kekuatan baru di sepakbola Eropa. Hasrat Percassi itu terpenuhi setelah dia mencapai kata sepakat dengan sebuah grup investasi asal Amerika Serikat, Bain Capital.

Grup investor itu dipimpin Stephen Pagliuca yang merupakan salah satu pemilik saham klub NBA Boston Celtics. Menurut pernyataan resmi klub, Pagliuca membeli 55 persen saham Atalanta dari keluarga Percassi.

Percassi sendiri memang jadi pemilik saham mayoritas Atalanta sejak lama, yakni sekitar 86 persen. Nantinya, Percassi masih akan memiliki sekitar 45 persen saham di Atalanta.

Atalanta sendiri memiliki valuasi sebesar 500 juta euro, termasuk utang dan aset klub. Meski saham mayoritas berpindah ke tangan Pagliuca, Antonio Percassi dan adiknya Lucas masih akan menjabat presiden serta CEO Atalanta.

Sementara itu, Pagliuca akan menduduki jabatan co-chairman.

"Atalanta dan Boston Celtics sama-sama menjunjung semangat sportivitas: kerjasama dan juga hubungan luar biasa dengan fans serta masyarakat," ujar Pagliuca seperti dilansir Reuters.

Keluarga Percassi sudah membeli Atalanta sejak 2010 dan menyulapnya sebagai salah satu tim langganan papan atas dalam beberapa tahun terakhir. Mereka bahkan selalu lolos ke Liga Champions dalam tiga musim terakhir dan berimbas keuntungan klub 52 juta euro di saat pandemi COVID-19 tahun 2020.

Masuknya Stephen Pagliuca membuat aroma Amerika Serikat di Serie A makin terasa. Sebelum Atalanta, sudah ada klub-klub seperti Fiorentina, AC Milan, Genoa, Spezia, AS Roma, dan Venezia yang dimiliki pengusaha asal Negeri Paman Sam.

Dari total 20 klub Serie A musim ini, hampir setengahnya atau sekitar sembilan klub dimiliki investor asing. Inter Milan dimiliki oleh Suning Group asal China dan Bologna dimilik pengusaha Kanada Joey Saputo.

(mrp/bay)