sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 25 Des 2007 02:50 WIB

Diancam, Collina Dijaga Ketat Aparat

- detikSport
Jakarta - Pierluigi Collina mendapat sejumlah surat berisi ancaman. Kepolisian Italia pun mengambil langkah tegas dengan memberi perlindungan khusus untuk Ketua Komisi Wasit Italia itu.

Langkah tersebut diambil pihak kepolisian yang menganggap surat-surat ancaman yang berhubungan dengan kiprah Collina di dunia sepakbola tersebut sangat serius. Collina berada dalam perlindungan polisi sudah selama lebih kurang sebulan.

Pihak berwajib masih belum bisa menjelaskan ancaman seperti apa yang diberikan kepada Collina. Terkait dengan kelompok apa ancaman itu juga belum diketahui. Meski demikian, beberapa sumber di Italia menduga hal ini sangat berhubungan dengan skandal calciopoli.

"Saya tidak mengerti mengapa Collina menjadi sasaran. Padahal ia adalah wasit yang baik dan sedang berusaha untuk membentuk wasit yang berkualitas," ujar seorang mantan wasit, Paolo Cassarin, seperti dikutip oleh Goal.

"Saya berharap hal ini (surat ancaman) merupakan yang terburuk dari kejadian ini. Dan berharap masalahnya selesai sampai disini," imbuhnya.

Collina, kini berusia 47 tahun, adalah wasit yang kerap dianggap sebagai yang terbaik di Italia. Pria asal Viareggio itu pernah mewasiti partai final Piala Dunia 2002. Tak terhitung pula sejumlah partai bergengsi di Italia dan Eropa yang dipimpin oleh tiupan peluitnya.

Namun tetap saja ada sisi "miring" dari seorang Collina. Wasit yang berpenampilan khas dengan kepala plontosnya itu dianggap "anti-Juventus" oleh sejumlah pihak yang kontra dengannya. Collina bahkan dinilai pernah menguntungkan Lazio saat tim asal ibukota Roma itu merengkuh scudetto tahun 2000.  (arp/arp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com