DetikSepakbola
Rabu 11 Oktober 2017, 15:19 WIB

Wawancara

20 Menit Bersama Legenda Borussia Dortmund, Karl-Heinz Riedle

Yanu Arifin - detikSport
20 Menit Bersama Legenda Borussia Dortmund, Karl-Heinz Riedle Karl-Heinz Riedle (Shaun Botterill/Getty Images)
Jakarta - Legenda Borussia Dortmund, Karl-Heinz Riedle, tengah berkunjung ke Jakarta untuk mewakili klubnya menggelar jumpa penggemar. detikSport berkesempatan berbincang dengannya.

detikSport mendapat kesempatan mewawancara Riedle sekitar 20 menit pada Selasa (10/10/2017). Banyak hal diutarakan pria yang mengantar Dortmund juara Liga Champions pada musim 1995/1996 itu.

Mulai dari performa mantan timnya di awal musim ini hingga memberi pesan untuk pemain muda Indonesia. Berikut kami sarikan petikan wawancara detikSport bersama Riedle.

detikSport: Ada apa dengan Dortmund, bagus di Bundesliga tapi tidak di Liga Champions?

Riedle: Well, pertanyaan yang sangat menarik. Ya, kami sejauh ini bisa cukup konsisten di liga tapi tidak di Liga Champions. Bedanya, di Liga Champions kami menghadapi tim sekelas Real Madrid yang sangat tangguh, kemudian Tottenham Hotspur yang kita semua tahu sangat bagus musim lalu.

detikSport: Apa mungkin Dortmund memprioritaskan Bundesliga ketimbang Liga Champions musim ini?

Tentu sebagai tim kami akan berusaha bersaing di semua liga. Di Bundesliga kami masih bagus tapi masih ada banyak pertandingan ke depannya. Sementara di Liga Champions, kami kini mengincar kemenangan atas Nicosia.

detikSport: Dortmund awal musim ini masih mulus, apa kekurangannya di mata anda?

Riedle: Ya ketika melawan Gladbach misalnya, kami cukup fantastis, tapi kami bermain dengan sangat berisiko. Kami memaksa lawan bertahan di setengah lapangan, padahal sesekali mencoba bermain dengan pola tiga bek, tapi kami terus menekan lawan. Tapi sejauh ini semua berjalan cukup baik di Bundesliga.

20 Menit Bersama Legenda Borussia Dortmund, Karl-Heinz RiedleFoto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga


detikSport: Apa yang berubah di Dortmund setelah ditangani Peter Bosz?

Riedle: Dia mengubah sedikit gaya sebab kami sudah punya striker yang bagus sejak musim lalu. Dia mengubah suasana ruang ganti dan klub menjadi lebih santai ketimbang musim lalu yang terlalu banyak masalah. Bosz bisa menanganinya dan, ya, ini pergantian yang hebat.

detikSport: Dengan semua hal di atas, apa bisa dibilang Dortmund tim terdepan di Bundesliga musim ini?

Riedle: Ya tentu saja kami berharap demikian. Tapi seperti yang saya bilang, jalan masih panjang, masih ada banyak hal yang harus dibenahi. Ya, kami punya peluang.

detikSport: Dalam pencarian bakat, Dortmund sempat melirik Indonesia?

Riedle: Ya kami harus memulainya, itu sebabnya kami kesini. Kami harus terus mengembangkan jaringan dan kini di Indonesia. Mudah-mudahan ketika kami kesini lagi tidak cuma untuk menyapa fans tapi ada kesempatan kami mendapatkan talenta. Contohnya Kagawa, dari tim divisi dua di Jepang kini bisa bersama kami, jadi ada kesempatan.

detikSport: Sekadar informasi, di Indonesia ada lho pemain yang dijuluki Messi, namanya Egy. Dia masuk dalam daftar 60 talenta terbaik di dunia. Anda harus melihatnya.

Riedle: Benarkah? Apa dia sangat bagus? Ini sangat menarik. Mungkin bukan kapasitas saya untuk memberi tahu klub, tapi saya cuma ingin bilang ada yang sudah bertanggung jawab soal ini, dia sudah melakukannya di Jepang dan sekarang di sini sebab Indonesia bagi kami cukup penting mengingat di media sosial ada banyak fans kami dari sini.

detikSport: Apa yang bakal Dortmund sumbang untuk membantu perkembangan sepakbola Indonesia?

Riedle: Akan ada beberapa pendekatan yang berbeda. Kami sedang mencoba mengeksplore negara-negara Asia dan kami akan bekerja sama dengan asosiasi atau federasi negara anda untuk mengembangkan sepakbolanya.

20 Menit Bersama Legenda Borussia Dortmund, Karl-Heinz RiedleFoto: Yanu Arifin/detikSport


detikSport: Apa ada rencana Dortmund menggelar tur lagi ke sini, seluruh tim?

Riedle: Ya mengapa tidak. Kami akan menjalin hubungan jangka panjang dengan negara anda dan ini baru mulai. Dan mudah-mudahan kami bisa kembali untuk menyapa penggemar kami yang luar biasa.

detikSport: Pesan untuk sepakbola Indonesia?

Riedle: Saya melihat masalah yang paling penting di sini adalah pemain muda jadi pesannya adalah teruslah bekerja keras, kalau anda ingin main Bundesliga, tidak mudah memang, seperti halnya di liga-liga lain, anda harus berlatih keras sejak usia dini.

detikSport: Thanks Riedle

Riedle: You're welcome, detik.
(din/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Kaka Pensiun dari Sepakbola

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 23:43 WIB Ricardo Izecson dos Santos Leite, atau lebih dikenal dengan Kaka, memutuskan menyudahi kariernya sebagai pesepakbola. Bintang asal Brasil itu kini pensiun.
  • Foto: Trofi-trofi Madrid di Tahun 2017

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 12:09 WIB Piala Dunia Antarklub menambah koleksi trofi yang direngkuh Real Madrid di tahun kalender 2017. Ada lima piala yang diraih Madrid sepanjang tahun ini.
  • Juve Salip Inter Usai Kalahkan Bologna 3-0

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 23:02 WIB Juventus menyalip Inter Milan dan naik ke posisi dua klasemen sementara Liga Italia. Itu setelah Bianconeri menang 3-0 atas Bologna di pekan ke-17.
  • MU Menang 2-1 di Markas West Brom

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 23:11 WIB Manchester United memetik tiga poin saat bertandang ke West Bromwich Albion. Gol Romelu Lukaku dan Jesse Lingard mengantar MU menang tipis 2-1.
  • Milan Dihajar Verona, Gattuso: Ini Memalukan

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 22:30 WIB AC Milan kalah telak 0-3 saat bertandang ke Hellas Verona. Pelatih Rossoneri Gennaro Gattuso mengakui hasil ini memalukan untuk timnya.
  • Tottenham Korban Terakhir Keganasan City

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 08:30 WIB Manchester City belum juga terkalahkan di Premier League musim ini. Tottenham Hotspur baru saja merasakan keganasan City lewat kekalahan dengan skor 1-4.
  • Verona Bungkam Milan 3-0

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 20:31 WIB AC Milan tak berkutik di hadapan tim zona degradasi Hellas Verona. Begitu 90 menit laga tuntas, Rossoneri takluk tiga gol tanpa balas.
  • Masa Depan Sepakbola Ada di Kaki Ronaldo

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 19:19 WIB Florentino Perez memastikan Cristiano Ronaldo akan bertahan selamanya di Real Madrid. Ronaldo akan melegenda seperti halnya Alfredo Di Stefano.
  • Si Ular Besar Akhirnya Tumbang Juga

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 17:58 WIB Segala sesuatu ada waktunya termasuk Inter Milan yang akhirnya tumbang juga musim ini. Ini setelah Si Ular Besar takluk 1-3 dari Udinese.
  • Klopp Sulit Mengistirahatkan Salah

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 17:08 WIB Mohamed Salah selalu tampil di setiap pekan Premier League musim ini. Meski berisiko, mengistirahatkan Salah sulit dilakukan manajer Liverpool Juegen Klopp.
  • Benteke Bikin Gol Lagi Setelah Seribu Menit Lebih

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 13:55 WIB Kemenangan Crystal Palace atas Leicester City bermakna istimewa buat Christian Benteke. Di laga ini ia mampu bikin gol lagi setelah puasa seribu menit lebih.
  • Guardiola Kian Dekat ke Rekor Pribadi

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 10:45 WIB Keberhasilan Manchester City memperpanjang rentetan kemenangan sekaligus kian mendekatkan Pep Guardiola, manajernya, ke sebuah rekor pribadinya.
  • Mau Terus Pakai Empat Bek, Wenger?

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 06:39 WIB Arsenal mencatatkan dua clean sheet setelah kembali ke format empat bek. Manajer Arsene Wenger tak menutup kemungkinan untuk memasang empat bek lagi.
  • Icardi: Cepatlah Bangkit, Inter

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 05:59 WIB Laju Inter Milan tanpa kekalahan musim ini dihentikan Udinese. Mauro Icardi berharap Nerazzurri segera bangkit dari kekecewaan.
  • Ronaldo Belum Habis

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 07:02 WIB Cristiano Ronaldo baru saja mengantarkan Real Madrid memenangi Piala Dunia Antarklub 2017. CR7 seakan menegaskan bahwa dirinya belum habis.
  • Hamsik Samai Rekor Gol Maradona

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 05:19 WIB Sebuah pencapaian istimewa diukir gelandang sekaligus kapten Napoli Marek Hamsik. Hamsik berhasil menyamai rekor gol legenda Napoli, Diego Maradona.
  • Roma Menang Dramatis atas Cagliari

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 04:26 WIB AS Roma sukses mengalahkan Cagliari 1-0 secara dramatis. Federico Fazio mencetak gol kemenangan Roma di akhir masa injury time.