DetikSepakbola
Kamis 26 Oktober 2017, 02:18 WIB

Selain Nagelsmann, Pelatih Leipzig Juga Dinilai Punya Potensi Bagus Tangani Bayern

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Selain Nagelsmann, Pelatih Leipzig Juga Dinilai Punya Potensi Bagus Tangani Bayern Foto: Michaela Rehle/REUTERS
Munich - Julian Nagelsmann disebut-sebut sebagai calon pelatih Bayern Munich di masa depan. Tapi ada sosok lain yang juga dinilai pas, yakni Ralph Hassenhuttl.

Hassenhuttl merupakan sosok penting di balik melejitnya RB Leipzig. Pada tahun perdananya di Leipzig musim lalu, dia membawa tim finis sebagai runner-up.

Padahal saat itu Leipzig cuma berstatus tim promosi dan tak diperkirakan bakal bersaing di papan atas. Sebelumnya Hassenhuttl sudah mencuri perhatian saat membawa Ingolstadt yang baru promosi, finis di posisi 11 pada Bundesliga 2015/2016.

Namanya pun dibicarakan bersama dengan pelatih Hoffenheim, Julian Nagelsmann, yang juga impresif, sebagai calon pelatih top di Liga Jerman ke depannya. Keduanya pada akhirnya juga masuk dalam pusaran calon pelatih Bayern Munich.

Bayern bakal mencari pelatih anyar lagi setelah Jupp Heynckes cuma direkrut sampai akhir musim ini untuk menangani tim. Heynckes menggantikan posisi Carlo Ancelotti yang dipecat di pertengahan musim ini karena hasil-hasil mengecewakan.

Eks Direktur Olahraga Bayern Mathias Sammer menyebut Hassenhuttl sangat punya potensi untuk menangani Bayern ke depannya. Tapi sebagaimana dengan Nagelsmann, pelatih 50 tahun itu diharapkan lebih dulu menimba pengalaman khususnya di kompetisi Eropa.

"Ralph punya segalanya. Dia sedang mengumpulkan pengalaman kontinental dengan Leipzig, dia dan timnya ada di posisi atas Bundesliga, dia menyatu dengan sangat baik terhadap klub dan membuat langkah maju," ujar Sammer kepada Eurosport.

"Tapi beri dia waktu untuk berkembang dan mengumpulkan pengalaman, jadi kita tak memberi tekanan kepada kepribadian yang bagus ini untuk sesuatu yang mungkin terlalu dini (melatih Bayern). Talenta dasarnya itu luar biasa, dan itulah yang membuatnya sempurna untuk Bayern, pada saatnya nanti.

"Saya rasa untuk Ralph, Leipzig masih akan jadi yang pas untuk beberapa tahun ke depan. Mereka punya ide dan filosofi yang jelas, yang bekerja dengan pemikirannya. Terlebih, ada pengalaman yang dia dapatkan tiap tahunnya dan di setiap partai kompetisi Eropa."

"Itulah yang membuatnya, Leipzig mungkin akan marah soal ini-- sempurna untuk menjadi pelatih Bayern atau tim hebat lainnya. Dia punya potensi, tapi dia akan butuh waktu," tambahnya seperti dikutip Soccerway.
(raw/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed