DetikSepakbola
Senin 19 Februari 2018, 02:03 WIB

Gol Tunggal Reus Menangkan Dortmund di Markas Gladbach

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Gol Tunggal Reus Menangkan Dortmund di Markas Gladbach Foto: Thilo Schmuelgen/Reuters
Moenchengladbach - Borussia Dortmund sukses mencuri angka penuh dalam lawatannya ke markas Borussia Moenchengladbach. Dortmund menang dengan skor tipis 1-0.

Bermain di Borussia-Park, Senin (19/2/2018) dinihari WIB, Marco Reus tampil sebagai pembeda. Gelandang Jerman itu memenangkan Dortmund berkat gol yang diciptakannya di babak pertama.

Hasil ini menandai bahwa Dortmund sudah merangkai empat kemenangan beruntun di semua kompetisi atau tiga berturut-turut di Bundesliga. Die Borussen menggusur Bayer Leverkusen dari posisi kedua dengan koleksi 40 poin, masih tercecer jauh dari Bayern Munich yang memiliki keunggulan 19 poin.

Sementara itu, Gladbach di posisi ke-10 dengan mengumpulkan 31 poin.

Gladbach tampil dengan berani dan beberapa kali merepotkan pertahanan Dortmund. Dortmund akhirnya bisa membuka keunggulan lewat gol Marco Reus di menit ke-32. Dari sisi kanan kotak penalti Gladbach, Andre Schuerrle mengirim umpan diagonal kepada Reus di sisi kiri, yang diteruskan dengan tendangan lob yang membentur mistar sebelum masuk ke gawang.

Sepuluh menit kemudian, Gladbach mencetak gol penyama tapi akhirnya dianulir setelah menggunakan VAR. Sepak pojok Thorgan Hazard jatuh di kotak penalti Dortmund, bola pada akhirnya jatuh di jalur Jannick Vestergaard yang diceploskan ke gawang. Gol Vestergaard dinyatakan offside.

Menjelang turun minum, Hazard membuang peluang menciptakan gol balasan, setelah sepakannya di tengah pertahanan Dortmund melebar. Babak pertama tuntas, Dortmund unggul 1-0.

Buerki membuat dua penyelamatan gemilang di menit ke-55. Bola rebound sepakan Bobadila bergulir ke gawang, tapi Sokratis masih sigap melakukan sapuan.

Enam menit kemudian, Dortmund menciptakan ancaman. Umpan Mario Goetze di dalam kotak dilanjutkan Reus denga sepakan voli ke arah gawang Gladbach, tapi Yann Sommer masih bisa mengantisipasinya.

Tekanan Gladbach setelah tendangan bebas Hazard disambut Nico Elvedi dengan sundulan dari jarak dekat. Buerki menepis bola untuk menjadikan sepak pojok.

Gladbach mengerahkan nyaris semua pemainnya ke depan untuk mencari gol penyama, mengepung Dortmund. Dalam serangan balik, Michy Batshuayi nyaris memastikan kemenangan Dortmund, namun sepakannya saat menyambut bola panjang justru melenceng.


Susunan Pemain

BORUSSIA MOENCHENGLADBACH: Sommer, Vestergaard, Ginter, Elvedi, Oxford, Kramer, Thorgan Hazard, Hofmann (Herrmann 71'), Zakaria (Cuisance 83'), Bobadila (Drmic 79'), Stindl

BORUSSIA DORTMUND: Buerki, Piszczek, Sokratis, Toljan, Akanji, Castro, Goetze (Pulisic 74'), Schuerrle (Toprak 87'), Weigl, Reus (Dahoud 79'), Batshuayi
(rin/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed