DetikSepakbola
Minggu 20 Mei 2018, 03:26 WIB

Kalahkan Bayern, Eintracht Frankfurt Juara DFB-Pokal

Randy Prasatya - detikSport
Kalahkan Bayern, Eintracht Frankfurt Juara DFB-Pokal Eintrach Frankfurt juara DFB-Pokal setelah mengalahkan Bayern Munich di babak final. (Foto: Kai Pfaffenbach/Reuters)
Berlin - Eintracht Frankfurt keluar sebagai juara DFB-Pokal usai mengalahkan Bayern Munich 3-1. Frankfurt pun mengakhiri penantiannya selama 30 tahun di DFB-Pokal.

Bermain di Olympiastadion, Minggu (20/5/2018) malam WIB, Bayern sebetulnya menguasai jalannya pertandingan. Namun, mereka kecolongan tiga gol yang tercipta lewat serangan balik cepat.

Gol-gol Frankfurt diciptakan oleh Ante Rebic (dua gol) dan Mijat Gacinovic. Sementara itu, Bayern hanya mampu membalas lewat gol Robert Lewandowski.

Ini jadi gelar DFB-Pokal kelima untuk Frankfurt. Sebelum memenanginya tahun ini, Frankfurt terakhir kali jadi juara pada 1988.

Sementara itu, dengan kekalahan ini, Bayern gagal meraih gelar ganda.


Jalannya Pertandingan

Bayern kebobolan lebih dulu di menit ke-11. Gol Frankfurt bermula dari kesalahan James Rodriguez dalam menguasai bola.

Ante Rebic, yang berhasil merebut bola dari kaki James, menyodorkannya ke Kevin-Prince Boateng. Boateng tak berlama-lama dengan bola dan dia langsung menyodorkannya kembali ke Ante Rebic untuk melakukan solo-run dan melesakkan gol.

Bayern berusah mencari gol penyeimbang dengan melancarkan serangan bertubi-tubi. Namun hingga babak pertama usai, 10 tembakan yang dilepaskan tak berbuah gol.

Gol penyeimbang yang dinanti Die Roten baru tercipta di babak kedua. Lewandowski melesakkan gol di menit ke-53 setelah memanfaatkan umpan dari Joshua Kimmich.

Bayern berada di atas angin setelah skor berimbang 1-1. Berbagai peluang mereka dapat, namun tak satupun berbuah gol hingga laga berjalan 70 menit.

Asyik menyerang, Bayern malah kebobolan lagi. Frankfurt mengubah skor menjadi 2-1 lewat gol kedua Rebic di menit ke-82. Dia berhasil menciptakan gol setelah menerima umpan lambung dan lepas dari kawalan dua pemain belakang Bayern.

Wasit Felix Zwayer sempat tak mengesahkan gol tersebut lantaran menilai pemain Frankfurt melakukan pelanggaran sebelum melepaskan umpan. Namun, gol itu akhirnya disahkan setelah melihat video assistant referee (VAR).

Di masa injury time sempat terjadi insiden di kotak penalti Frankfurt. Bayern melakukan protes setelah pemainnya dilanggar, wasit pun kembali menggunakan VAR untuk melihat insiden itu.

Setelah melakukan pengecekan lewat VAR, wasit menilai kejadian itu bukanlah penalti. Sepak pojok pun diberikan kepada Bayern.

Bencana datang untuk Bayern di penghujung waktu. Kiper Sven Ulreich yang ikut menyerang untuk menyambut sepak pojok malah kecolongan. Bola jatuh ke kaki Jetro Willems untuk kemudian disodorkan kepada Mijat Gacinovic. Gacinovic pun menggiring bola ke pertahanan Bayern dan mengarahkan bola ke gawang yang sudah kosong dari kawalan.

Gol itu sekaligus menutup laga untuk kemenangan Frankfurt 3-1. Tim besutan Niko Kovac keluar sebagai juara DFB Pokal 2017/2018.

Susunan pemain:

Bayern Munchen: Sven Ulreich; Mats Hummels, David Alaba, Niklas Sule, Joshua Kimmich; Javi Martinez, James Rodriguez, Thiago Alcantara (Tolisso 64'); Franck Ribery (Wagner 87'), Thomas Muller (Coman 70'), Robert Lewandowski.

Eintracht Frankfurt: Lucas Hradecky; David Angel Abraham, Makoto Hasebe, Carlos Salcedo; Jetro Willems, Danny da Costa, Kevin-Prince Boateng, Jonathan de Guzman (Russ 74'), Omar Mascarell; Ante Rebic (Haller 89'), Marius Wolf (Gacinovic 60').


(ran/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed