DetikSepakbola
Jumat 21 September 2018, 17:05 WIB

Ribery Sudah 12 Musim di Bayern Munich, Belum Mau Selesai

Andi Abdullah Sururi - detikSport
Ribery Sudah 12 Musim di Bayern Munich, Belum Mau Selesai Foto: REUTERS/Rafael Marchante
Jakarta - Walau sudah gaek namun ia masih terpakai di tim yang sudah diperkuatnya lebih dari 10 musim. Itu karena Franck Ribery memang belum mau berhenti.

Ya, hingga kini Ribery masih bersama Bayern Munich. Dari sejak membelinya dari Marseille pada musim panas 2007, Bayern tak kunjung melepasnya. Barangkali baru nanti di akhir musim ini.

Di akhir musim lalu Bayern masih memberi tambahan kontrak satu musim lagi kepada pemain Prancis yang sudah berusia 35 tahun itu. Itu berarti, si pemain sedang melakoni musimnya yang ke-12 bersama raksasa Jerman tersebut.

Seiring bertambahnya usia, frekuensi bermain Ribery tentu saja sudah berkurang. Namun Ribery masih kompetitif. Di musim lalu, misalnya, ia masih dijadikan starter sebanyak 15 kali di pertandingan Bundesliga.

Pun di awal musim ini. Dari tiga pertandingan liga domestik, pelatih Nico Kovac dua kali memasang Ribery dari awal laga -- plus satu kali di Liga Champions saat menghadapi Benfica dua hari lalu. Itu tandanya Ribery masih bertaji.

Belum lama ini Ribery diwawancara, apakah musim ini akan jadi yang terakhir buat dia di Allianz Arena. Dan jawabannya cukup mengejutkan.

"Terlalu cepat kalau bilang sekarang. Saya siap untuk musim berikutnya. Tapi tunggu saja musim ini akan seperti apa," tuturnya seperti dilansir kicker.

"Saya santai dan tidak dalam tekanan apapun. Kita harus menilai performa kita dengan tepat. Jadi, jangan buru-buru mengatakannya."

Ribery Sudah 12 Musim di Bayern Munich, Belum Mau SelesaiFoto: Michaela Rehle/Reuters

Total selama ini Ribery sudah melahap 392 pertandingan bersama Bayern di semua ajang resmi dengan menorehkan 117 gol plus 180 assist. Dengan segala pencapaiannya itu ia sudah pantas dipandang sebagai seorang legenda Allianz Arena.

"Saya tak pernah ingin pergi (dari Bayern)," tambahnya. "Pernah ada beberapa tawaran dari China, tapi saya suka Bundesliga dan Liga Champions. Saya mimpi memenanginya lagi untuk kedua kali."

Bersama Bayern Ribery mengoleksi 8 titel bundesliga, 5 Piala Jerman, 4 Piala Super Jerman, 1 trofi Liga Champions, plus 1 Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Ia dinobatkan sebagai German Footballer of the Year 2008 dan Bundesliga Player of the Year: 2012-13.

"Di usia saya saat ini, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi. Tapi saya ingin main sampai umur 38," imbuhnya.


(a2s/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed