sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 19 Mei 2019 01:12 WIB

Ribery Jadi Pemain Tersukses di Bundesliga

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Franck Ribery memenangi sembilan titel Bundesliga, menjadi pemain tersukses di kompetisi itu. (Foto: Andreas Gebert / Reuters) Franck Ribery memenangi sembilan titel Bundesliga, menjadi pemain tersukses di kompetisi itu. (Foto: Andreas Gebert / Reuters)
Munich - Bayern Munich baru saja merebut gelar juara Bundesliga 2018/2019. Sukses tersebut menciptakan sebuah torehan fantastis bagi Franck Ribery.

Gelar tersebut diraih Bayern setelah melibas Eintracht Frankfurt 5-1, pada pertandingan pekan terakhir di Allianz Arena, Sabtu (18/5/2019) malam WIB. Dengan tambahan tiga poin, Die Roten finis teratas di klasemen akhir usai mengumpulkan 78 poin, mengungguli rivalnya Borussia Dortmund (76).

Pertandingan itu menandai pertandingan terakhir Ribery di Bundesliga. Winger veteran Prancis itu mencetak gol keempat Bayern hanya sekitar 10 menit setelah masuk menggantikan Kingsley Coman di menit ke-61.


Dengan hasil itu, Bayern sukses merebut titel juara liga ke-29 dalam sejarahnya. Sukses ini juga menandai bahwa tim Bavaria itu sudah mendominasi Liga Jerman selama tujuh musim beruntun. Torehan yang hanya bisa disamai Lyon dan Juventus di lima liga top Eropa.

Ribery kini memiliki sembilan medali juara Bundesliga untuk menjadi pemain tersukses di kompetisi tersebut. Ini berarti, pesepakbola berusia 36 tahun itu telah mengumpulkan 23 trofi juara bersama the Bavarians, menyamai rekor Oliver Khan.


"Aku punya sebuah ruangan yang menyenangkan, sebuah tempat yang menyenangkan di mana aku menyimpan seluruh trofi yang sudah kumenangi," kata Ribery dalam sebuah wawancara belum lama ini.

"Ketika anak-anakku bertanya kepadaku, 'Yah, apa yang sudah kau menangi?', mereka bisa turun tangga dan melihat ada banyak trofi. Itu membuatku bangga dengan apa yang sudah kucapai dan menangi di seluruh karierku."

Puncak karier Ribery terjadi di musim 2012/13 saat diganjar penghargaan Pemain Terbaik UEFA usai membantu Bayern memenangi treble. Ribery akan meninggalkan Bayern di akhir musim ini atau setelah 12 musim.






(rin/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com