sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 06 Sep 2020 05:00 WIB

Kai Havertz ke Chelsea, Kabar Buruk buat Liga Jerman

Bayu Baskoro - detikSport
GLASGOW, SCOTLAND - MARCH 12: Kai Havertz of Bayer 04 Leverkusen celebrates after scoring his teams first goal during the UEFA Europa League round of 16 first leg match between Rangers FC and Bayer 04 Leverkusen at Ibrox Stadium on March 12, 2020 in Glasgow, United Kingdom. (Photo by Mark Runnacles/Getty Images) Kai Havertz resmi meninggalkan Bayer Leverkusen menuju Chelsea. (Foto: Getty Images/Mark Runnacles)
Leverkusen -

Kai Havertz resmi bergabung ke Chelsea untuk kompetisi musim depan. Kepindahan mantan pemain Bayer Leverkusen itu dinilai bakal merugikan Liga Jerman.

Havertz diumumkan sebagai pemain anyar Chelsea pada Sabtu (5/9/2020) dini hari WIB. Gelandang 21 itu setuju meneken kontrak selama lima tahun di Stamford Bridge.

"The Blues sudah menyelesaikan perekrutan pemain Jerman kedua kami pada musim panas ini, dengan Kai Havertz menekan kontrak berdurasi lima tahun," begitu tulis pernyataan Chelsea.



Kai Havertz menjadi pembelian keenam Chelsea pada musim panas ini. Sebelumnya, klub asal London tersebut telah mendatangkan Hakim Ziyech, Timo Werner, Ben Chilwel, Thiago Silva, serta Malang Sarr.

Skuat asuhan Frank Lampard tersebut kabarnya mengeluarkan kocek cukup dalam guna merekrut Havertz. Chelsea disebut-sebut menebus pemain Timnas Jerman itu dengan mahar mencapai 72 juta paun.

Harga yang cukup tinggi tersebut dinilai pantas untuk Havertz mengingat dirinya menjadi bintang muda potensial Bayer Leverkusen dalam beberapa tahun terakhir. Dia tercatat mampu menceploskan 46 gol dan 31 assist dari 150 laga di semua kompetisi sejak melakoni debut profesionalnya pada musim 2016/2017.

Kepergian Havertz dari Bayer Leverkusen ke Chelsea turut mendapat tanggapan dari Joachim Loew selaku pelatih Timnas Jerman. Dalam pandangannya, hengkangnya Havertz berdampak negatif ke kompetisi Bundesliga, tetapi di satu sisi juga positif buat Die Nationalmannschaft.

"Saya melihatnya sebagai hal negatif ketika bakat hebat seperti Kai tak lagi di Bundesliga. Namun saya turut melihat sisi positifnya juga," kata Loew, dikutip dari Omnisport.

"Di luar negeri, para pemain mengembangkan kepribadiannya. Saya rasa waktunya tepat buat Kai, dan hal yang sama berlaku pula untuk Werner. Jika mereka mengambil langkah selanjutnya, maka tentu saja ini akan membantu kami juga," demikian kata Joachim Loew soal transfer Kai Havertz ke Chelsea.



Simak Video "Digaji Rp 2,4 M Per Pekan di Chelsea, Sebagus Apa Kai Havertz?"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com