sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 29 Okt 2020 12:25 WIB

Bundesliga Tanpa Penonton Lagi Mulai 2 November

Mohammad Resha Pratama - detikSport
DORTMUND, GERMANY - OCTOBER 24: Supporters of Dortmund cheer during the Bundesliga match between Borussia Dortmund and FC Schalke 04 at Signal Iduna Park on October 24, 2020 in Dortmund, Germany. A limited number of spectators (300) will be in attendance as Covid-19 pandemic restrictions are eased in Dortmund.  (Photo by Martin Rose/Getty Images) Fans dilarang lagi hadir di stadion Bundesliga per 2 November (Getty Images/Martin Rose)
Berlin -

Pemerintah Jerman memutuskan Bundesliga akan dihelat tertutup lagi mulai bulan depan. Ini menyusul naiknya kasus virus corona di negara tersebut.

Bundesliga jadi liga pertama yang memperbolehkan fans hadir lagi di stadion sejak awal musim ini. Namun, otoritas pemerintah di setiap kota hanya mengizinkan stadion terisi maksimal 20 persen dari total kapasitas.

Itu pun juga dengan syarat lainnya yakin menerapkan protokol kesehatan ketat dan kasus penularan di kota itu harus di bawah 35 orang selama sepekan.

Hal itu membuat Bayern Munich belum bisa mengajak penonton hadir lagi di Allianz Arena karena masih tingginya angka penularan COVID-10 di regional Bavaria.

Klub-klub lain seperti Borussia Dortmund sudah mengajak penonton datang lagi ke stadion pada 3 Oktober. Saat mengalahkan Freiburg 4-0, ada sekitar 11.500 penonton mengisi dari total kapasitas 81 ribu tempat duduk di Signal-Iduna Park.

Sampai saat ini, Dortmund masih memegang rekor penonton tertinggi di tengah pandemi virus corona. Nah, kabar buruk untuk Dortmund dan klub-klub Jerman lainnya adalah mereka tidak bisa lagi didampingi fans.

Sebab, kanselir Jerman Angela Merkel beserta 16 kepala negara bagian memutuskan dalam rapat virtual, Rabu (28/10) kemarin, bahwa seluruh pertandingan olahraga profesional termasuk Bundesliga, harus dimainkan tertutup alias tanpa penonton, mulai 2 November.

Ini dilakukan karena banyak negara Eropa tengah dilanda badai virus corona gelombang kedua, sehingga angka penularan naik lagi. Laga pekan keenam Bundesliga akhir minggu ini jadi yang terakhir bisa disaksikan penonton langsung di stadion.

(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com