sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 02 Des 2020 16:00 WIB

Ini Catatan Mentereng Klub Liga Jerman di Kompetisi Eropa

Angga Laraspati - detikSport
DUESSELDORF, GERMANY - JUNE 13: Erling Haaland of Borussia Dortmund battles for the ball with Andre Hoffmann of Fortuna Dusseldorf during the Bundesliga match between Fortuna Duesseldorf and Borussia Dortmund at Merkur Spiel-Arena on June 13, 2020 in Duesseldorf, Germany. (Photo by Lars Baron/Getty Images) Catatan mentereng klub-klub Liga Jerman di kompetisi Eropa. (Foto: Lars Baron/Getty Images)
Jakarta -

Kompetisi Eropa musim ini menghadirkan berbagai catatan menarik dari berbagai tim. Namun, kompetisi Eropa musim ini tampaknya menjadi panggung bagi para wakil dari Liga Jerman yang menorehkan beberapa catatan positif.

Ya, tim-tim dari Liga Jerman terlihat sangat subur pada gelaran kompetisi Eropa kali ini. Seperti data yang dibagikan oleh Twitter @OptaFranz memperlihatkan Bayern Munich dan juga Borussia Moenchengladbach menjadi tim yang mencetak gol terbanyak di ajang Champions League. Sementara itu, Leverkusen dan Hertha Berlin juga menorehkan catatan yang sama pada ajang Europa League.

Sementara itu, dilansir dari laman UEFA.com Die Roten berhasil menorehkan catatan mentereng dari jumlah gol hingga pertandingan ke-5 di fase kualifikasi grup. Robert Lewandowski cs berhasil mencetak 16 gol dan membuat mereka menjadi pencetak gol terbanyak pada ajang kali ini.

Bayern pun kini sudah memastikan satu tiket ke fase knock-out usai mengumpulkan poin 13 dari 5 pertandingan yang ada dengan selisih 7 poin dari pesaing terdekatnya Atletico Madrid.

Catatan sempurna juga ditorehkan oleh Borussia M'Gladbach yang mencatatkan gol yang sama dengan Bayern Munich yaitu 16 gol. Mereka pun bisa berterima kasih dengan penyerang asal Prancis mereka Alassane Plea yang telah menyumbang 5 gol pada ajang Champions League musim ini.

Kini, Die Fohlen masih harus berjuang untuk memastikan satu tiket ke babak berikutnya pada pertandingan keenam kala bertandang ke kandang Real Madrid usai kalah dari Inter 2-3. Pertarungan di grup B pun masih terbuka lebar dengan semua tim berpeluang untuk maju ke babak berikutnya.

Dari catatan individu, Liga Jerman juga masih memegang kendali dengan menaruh 2 nama pemain dari Bundesliga di pencetak gol terbanyak Liga Champions. Wonderkid dari Borussia Dortmund Erling Haaland menempati posisi teratas dengan torehan 6 gol dari 4 pertandingan yang telah dijalani. Ia pun dapat menambahkan kembali pundi-pundi golnya kala Die Borussen menjamu Lazio di Signal Iduna Park.

Alassane Plea juga menjadi sosok yang memberikan kejutan di musim ini. Pemain asal Prancis tersebut seakan menjadi momok bagi gawang para pesaingnya karena telah mencetak 5 gol dari 5 pertandingan Gladbach. Terlebih pada pertandingan terakhir melawan Inter Milan, ia menyumbang 2 gol walau Gladbach akhirnya harus takluk 3-2 dari Internazionale.

Di samping itu, Liga Europa juga menjadi panggung bagi tim-tim Liga Jerman. 2 tim yang mewakili Bundesliga di kompetisi kedua di Eropa ini yaitu Bayern Leverkusen dan juga Hertha Berlin menjadi tim dengan torehan gol terbanyak hingga saat ini.

Leverkusen memimpin dengan torehan 14 gol di kompetisi ini. Die Bayer pun kini berada di posisi 2 grup B dengan poin yang sama dengan pemuncak klasemen sementara Slavia Praha. Tim asuhan Peter Bosz ini harus tetap serius untuk memastikan posisi pertama.

Tak cuma Leverkusen, Hertha Berlin juga sukses menjebol gawang lawan-lawannya di Grup L sebanyak 13 kali. Dengan torehan mentereng ini, Matheus Cunha cs tak pernah kalah di 4 pertandingan dan menduduki puncak klasemen grup L dengan mengumpulkan 12 poin.

Semua pertandingan dan aksi-aksi di Liga Jerman bisa disaksikan di Mola TV di sini.

(prf/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com