sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 29 Des 2020 17:45 WIB

Bundesliga Mulai Lagi! Ini Beberapa Catatan Penting Jelang Pekan Ke-14

Angga Laraspati - detikSport
COLOGNE, GERMANY - MAY 17: Ball boys disinfect the footballs ahead of the Bundesliga match between 1. FC Koeln and 1. FSV Mainz 05 at RheinEnergieStadion on May 17, 2020 in Cologne, Germany. The Bundesliga and Second Bundesliga is the first professional league to resume the season after the nationwide lockdown due to the ongoing Coronavirus (COVID-19) pandemic. All matches until the end of the season will be played behind closed doors. (Photo by Lars Baron/Getty Images) Liga Jerman kickoff lagi di akhir pekan ini. (Foto: Getty Images/Lars Baron)
Jakarta -

Setelah jeda 2 pekan di periode Natal dan Tahun Baru, minggu ini perhelatan Liga Jerman kembali digelar. Jelang lanjutan liga tertinggi di Jerman ini ada beberapa catatan yang bisa dirangkum, mulai dari Bayer Leverkusen yang bisa memegang takhta hingga peluang Dortmund untuk bangkit.

Bundesliga Jerman melanjutkan kembali pekan ke-14 yang akan dihelat minggu ini. Patut dipantau lebih jauh sampai mana peluang peserta Liga Jerman dan juga para pemain. Berikut ini adalah rangkumannya.

Leverkusen Bisa Kudeta Posisi Atas

Bermain terlebih dahulu membuat Leverkusen bisa mencomot posisi teratas klasemen Liga Jerman pekan-14 kala armada Peter Bosz bertandang ke Deutsche Bank Park markas dari Eintracht Frankfurt. Dengan catatan, Leverkusen mampu menjinakkan tim asuhan Adi Hutter yang belum sekalipun menderita kekalahan saat bertanding di kandang di 5 pertandingan tandang terakhirnya.

Leverkusen saat ini ada di posisi kedua klasemen Liga Jerman dengan raihan 28 poin, tertinggal dua angka dari Bayern Munich.

Namun, Leverkusen juga memiliki catatan selalu meraih kemenangan saat mereka bermain di tandang. Peter Bosz juga akan tetap mengandalkan penyerang Lucas Alario yang telah mencetak 8 gol dari 10 pertandingannya di Bundesliga. Mampukah Leverkusen meraih poin penuh dan merebut posisi atas? Patut ditunggu.

Bayern Masih Teratas

Saat ini, Bayern Munich masih menjadi pemuncak klasemen Liga Jerman. Torehan tersebut pun masih bisa berlanjut kala Bayern menjamu Mainz 05 di Allianz Arena pada lanjutan Bundesliga pekan ke-14.

Pada pertandingan ini, Hansi-Flick akan tetap mengandalkan striker haus golnya Robert Lewandowski yang sudah mencetak 17 gol. Ditambah, Mainz memiliki catatan buruk dalam hal kemenangan saat pertandingan tandang, memungkinkan Lewandowski menambah pundi-pundi golnya dan membawa Munchen memenangi pertandingan.

Di sisi lain, tim asuhan Jan Moritz-Lichte dalam 5 pertandingan tandangnya hanya mendapatkan 1 kemenangan, 1 kali seri dan 3 kali kekalahan. Saat ini, Mainz juga harus berjuang lolos dari zona degradasi dan berada di posisi 17 dengan poin 6.

Dominasi Pemain Bayern

Punggawa dari Die Roten masih memegang beberapa statistik sepanjang musim ini. Robert Lewandowski masih menjadi mesin pencetak gol musim ini dengan torehan 17 gol hingga pekan ke-14. Tak hanya itu, sang Predator asal Polandia ini juga telah mencatatkan 50 tembakan ke gawang musuh hingga saat ini.

Dari segi assists, 2 pemain Munchen Thomas Muller dan Kingsley Coman sama-sama mencatatkan 7 assists. Lalu, bek kiri bertalenta Munchen asal Kanada Alphonso Davies juga menorehkan raihan dalam hal kecepatan dan mencetak rekor kecepatan dengan 35,94 km/h.

Dortmund Bisa Bangkit?

Usai ditinggal pelatih Lucien Favre, Dortmund berambisi untuk bangkit pada lanjutan Bundesliga kali ini. Menjamu Wolfsburg yang berada satu peringkat di atas Dortmund, tentunya misi kebangkitan diusung oleh tim yang bermarkas di Signal Iduna Park ini.

Sayangnya, top skor klub Erling Haaland masih diragukan untuk tampil pada laga kali ini akibat masih berjuang memulihkan cederanya. Tetapi, Dortmund bisa berharap pada akurasi passing dari Axel Witsel yang mencatatkan successful passing dari skema open play hingga 94,6%.

Tentunya bukan misi yang mudah, mengingat pada 3 pertandingan kandang terakhir di Bundesliga, Dortmund belum pernah mengalami kemenangan. Bahkan, Die Borussen pada pertandingan terakhirnya harus terkapar dari Stuttgart dengan skor akhir 1-5. Mampukah Dortmund bangkit?

Semua keseruan Liga Jerman itu bisa disaksikan secara langsung di Mola TV, caranya dengan mengakses link ini.

(akn/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com