sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 27 Jan 2021 20:00 WIB

5 Kiper Bundesliga dengan Clean Sheet Terbanyak, Neuer Ungguli Kahn

Yudistira Perdana Imandiar - detikSport
LISBON, PORTUGAL - AUGUST 19: Manuel Neuer of Bayern Munich celebrates after his teammate Robert Lewandowski of Bayern Munich (not pictured) scored their teams third goal during the UEFA Champions League Semi Final match between Olympique Lyonnais and Bayern Munich at Estadio Jose Alvalade on August 19, 2020 in Lisbon, Portugal. (Photo by Miguel A. Lopes/Pool via Getty Images) Manuel Neuer kiper paling banyak clean sheet di Liga Jerman. (Foto: Getty Images/Pool)
Jakarta -

Saat ini kiper Bayern Munich, Manuel Neuer menempati peringkat tertinggi dalam daftar kiper dengan clean sheet terbanyak dalam sejarah Liga Jerman. Neuer kini berhasil mengungguli 'seniornya', Oliver Kahn.

Seperti diketahui, catatan tanpa kebobolan dalam setiap laga atau clean sheet menjadi capaian tersendiri bagi seorang penjaga gawang. Meskipun clean sheet merupakan hasil kerja sama kolektif dalam tim, tapi hal itu menjadi pembuktian kualitas seorang kiper.

Perolehan clean sheet akan menjadi validasi untuk memberikan predikat penjaga gawang terbaik, baik di level dunia maupun liga domestik. Selain Neuer, ada beberapa nama kiper lain di Liga Jerman yang memegang catatan clean sheet terbanyak di Bundesliga. Berikut ini daftarnya.

1. Manuel Neuer

Kiper berusia 34 tahun ini membukukan 197 clean sheet dari 423 laga penuh (bermain hingga laga usai) yang telah dimainkannya di Schalke dan Bayern Munchen dengan persentase 46,6 persen. Neuer menyamai rekor 196 clean sheet milik Oliver Kahn Pada matchday ke-17 Liga Jerman musim 2020/2021 saat Bayern menekuk Augsburg 1-0 Kamis (21/1).

Highlight pertandingan tersebut dapat disaksikan di Mola TV. Pria setinggi 193 cm ini akhirnya mengungguli kiper legendaris Jerman itu setelah Bayern melumat Schalke 4-0 akhir pekan lalu.

Kiper Timnas Jerman pada 1994-2006 ini tergeser dari tahtanya sebagai pemegang rekor clean sheet di Liga Jerman. Ia mengoleksi 196 clean sheet dari 557 game bersama Karlsruhe dan Bayern Munchen.

2. Oliver Kahn

Namun, Kahn masih unggul jumlah clean sheet jika raihan clean sheet dari laga tak penuh (bermain tidak sampai laga usai) diakumulasi, karena ia mengantongi 204 clean sheet sedangkan Neuer 199.

3. Oliver Reck

Penjaga gawang yang pernah membela Kickers Offenbach, Werder Bremen, dan Schalke 04 ini mengumpulkan 176 clean sheet dari 471 laga. Selain menjadi salah satu kiper dengan catatan clean sheet terbanyak di Jerman, Reck juga tercatat sebagai salah satu dari 11 kiper di Bundesliga yang pernah mencetak gol ke gawang lawan.

4. Eika Immel

Selama membela Borussia Dortmund dan VfB Stuttgart dalam rentang tahun 1978-1986, Immel mengumpulkan 148 clean sheet dari 534 pertandingan. Immel juga dikenang sebagai kiper yang sangat tangguh dan konsisten.

Sepanjang kiprahnya sebagai kiper utama Dortmund dalam tujuh musim sepanjang 1979 sampai 1986, ia hanya absen dalam satu laga.

5. Uli Stein

Sebanyak 146 catatan clean sheet dibukukan Stein saat membela Hamburg, Eintracht Frankfurt, dan Arminia Bielefeld di era 70'an sampai awal 90'an. Ia merupakan kiper yang ikut membawa Hamburg merasakan kejayaan menjadi juara Bundesliga musim 1980/1982 dan 1982/1983.

Semua aksi Bundesliga musim ini bisa disaksikan di Mola TV. Caranya dengan mengakses link ini.



Simak Video "Leipzig Menang Dramatis Lawan Gladbach"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com