Kacau! Schalke 04 Bikin Rekor Usai Pecat Pelatihnya Lagi

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 01 Mar 2021 20:30 WIB
STUTTGART, GERMANY - FEBRUARY 27: Christian Gross, Head Coach of FC Schalke 04 reacts  during the Bundesliga match between VfB Stuttgart and FC Schalke 04 at Mercedes-Benz Arena on February 27, 2021 in Stuttgart, Germany. Sporting stadiums around Germany remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Alex Grimm/Getty Images)
Christian Gross, pelatih keempat yang dipecat Schalke 04 musim ini (Getty Images/Alex Grimm)
Gelsenkirchen -

Kekacauan di tubuh Schalke 04 belum selesai juga dan pelatihnya kembali jadi korban. Kali ini giliran Christian Gross yang harus didepak karena performa buruk klub.

Schalke sebenarnya baru menunjuk Gross 28 Desember lalu sebagai pengganti Huub Stevens yang sebelumnya berstatus caretaker. Groos sejatinya sempat membawa Schalke menang 4-0 atas Hoffenheim pada 9 Januari lalu.

Tapi, setelah itu Schalke jeblok lagi yang ditandai dengan dua hasil imbang dan enam kekalahan dari delapan pertandingan beruntun di Bundesliga. Itu belum termasuk kekalahan 0-1 dari Wolfsburg di babak 16 besar DFB-Pokal.

Alhasil, Schalke kini masih jadi juru kunci dengan sembilan poin dari 23 pertandingan usai kekalahan 1-5 dari VFB Stuttgart akhir pekan kemarin.. Mau tak mau manajemen tim harus membebastugaskan Gross dan asisten pelatihnya Raine Widmayer.

Tak cuma Gross dan asistennya yang kehilangan pekerjaan, beberapa staf pelatih serta petinggi Schalke juga ada yang dipecat.

"Pada hari Minggu, Schalke 04 memecat pelatih Christian Gross dan asistennya Rainer Widmayer," ujar pernyataan resmi klub.

"Manajer tim Sascha Riether dan kepala performa tim Werner Leuthard juga diberhentikan. Dewan pengawas klub dalam video konferensi juga memutuskan memberhentikan Kepala Eksekutif Komunikasi dan Olahraga Jochen Schneider."

Untuk sementara jabatan direktur olahraga klub dipegang Peter Knabel, yang sebelumnya memegang posisi pelatih serta direktur akademi Schalke. Untuk pelatih baru masih belum diputuskan.

Usai pemecatan ini, Schalke menorehkan rekor sebagai klub Jerman pertama dengan lima pelatih berbeda di satu musim yang sama.

Sebelum ditangani Gross, Schalke 04 dipegang tiga pelatih berbeda yakni David Wagner, Manuel Baum, dan Hubb Stevens. Schalke kini berjarak sembilan poin dari posisi ke-15 sekaligus zona aman untuk bertahan, dan kemungkinan besar bisa degradasi.

(mrp/aff)