Siapa Mau Haaland? Siapkan Rp 2,5 Triliun

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 15 Mar 2021 19:30 WIB
Dortmunds Erling Haaland reacts, during the German Bundesliga soccer match between Dortmund and Berlin Hertha, at Signal Iduna Park, in Dortmund, Germany, Saturday, March 13, 2021. (Bernd Thissen/Pool Photo via AP)
Erling Haaland dibanderol Rp 2,5 triliun oleh Borussia Dortmund (AP/Bernd Thissen)
Dortmund -

Borussia Dortmund sebisa mungkin mempertahankan Erling Haaland. Tapi, jika ada klub yang menginginkannya, maka harus menyiapkan Rp 2,5 T.

Haaland memang jadi properti panas di bursa transfer saat ini. Berkat penampilan apiknya bersama Dortmund, Haaland jadi buruan banyak klub besar Eropa.

Di usia yang baru menginjak 20 tahun, Haaland sudah mampu jadi predator di kotak penalti. Dia membuat 75 gol dalam dua musim terakhir bersama Dortmund dan juga klub lamanya Red Bull Salzburg.

Melihat usianya saat ini, jelas Haaland punya karier terbentang di depannya dan bisa jadi bintang baru. Maka wajar jika Real Madrid, Bayern Munich, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Barcelona, dan Juventus mengincarnya.

Kini tinggal kuat-kuatan Dortmund untuk menahan pemain Norwegia itu selama mungkin. Dortmund tidak akan menyerah begitu saja jika ada klub yang mau menawar Haaland.

"Jika dia memutuskan untuk pergi, maka hanya ada beberapa tim yang sanggup untuk mendatangkannya. Tapi kami ingin menahannya selama mungkin kami bisa. Saya tidak pernah melihat pemain sepertinya," ujar Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc, seperti dikutip IRT.

Haaland sebenarnya punya klausul kontrak yang memungkinkan klub-klub besar mendatangkannya dengan harga lebih "murah" pada 2022, yakni 75 juta euro.

Meski demikian, Dortmund kabarnya siap melepas Haaland musim panas ini jika ada klub yang bersedia membayar 150 juta euro atau sekitar Rp 2,5 T.

Kira-kira klub mana yang berani menebus Erling Haaland semahal itu di tengah kondisi ekonomi yang merosot karena pandemi virus corona?

(mrp/raw)