Cuma Satu Kurangnya Chelsea: Erling Haaland

Yanu Arifin - Sepakbola
Minggu, 14 Mar 2021 09:00 WIB
Dortmunds Erling Haaland gestures, prior to the start of the German Bundesliga soccer match between Dortmund and Berlin Hertha, in Dortmund, Germany, Saturday, March 13, 2021. ( Friedemann Vogel/Pool Photo via AP)
Striker Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland. (Foto: Friedemann Vogel/Pool Photo via AP)
London -

Chelsea dinilai memang bermasalah di lini depannya, khususnya di posisi striker. Solusinya cuma satu, mendatangkan pemain seperti Erling Haaland.

Musim ini, Chelsea kesulitan bersaing di Liga Inggris. Kendati belanja jor-joran dengan merekrut pemain seperti Kai Havertz, Timo Werner, dan Hakim Ziyech, The Blues tetap melempem.

Saat ini, Chelsea masih tertahan di peringkat empat klasemen Liga Inggris, di bawah Manchester City, Manchester United, dan Leicester City. Dalam prosesnya, Si Biru cukup 'berdarah-darah'.

Chelsea sempat menjalani periode sulit pada Desember 2020-Januari 2021, yang memaksa manajemen memecat Frank Lampard. Perbaikan datang ketika Thomas Tuchel menjadi manajer, namun itu pun masih menyisakan catatan.

Bersama Tuchel, Chelsea kerap sulit mencetak gol. Meski belum terkalahkan di 12 laga perdana bersama Tuchel, Chelsea sudah tiga kali mengakhiri laga tanpa gol. Yang terbaru, Chelsea ditahan Leeds United 0-0 di Elland Road, Sabtu (13/3/2021).

Situasi itu dinilai Joe Cole, yang pernah membela Chelsea pada musim 2003-2010, karena mantan timnya butuh striker berkualitas. Pemain seperti Erling Haaland dinilai bisa menjadi solusi.

Haaland sendiri sedang menjadi primadona raksasa Eropa. Striker 20 tahun milik Borussia Dortmund itu memang cukup konsisten, dengan mampu membuat 75 gol dalam dua musim terakhir.

"Mereka membutuhkan satu pemain bagi saya, Haaland. Dia cocok berada dalam daftar pemain yang diinginkan," kata Cole, saat memandu laga di BT Sport.

"Dia pemain No. 9. Ada banyak hal di skuad ini, ada kualitas di semua area, skuad yang kuat.

"Anda hanya perlu satu kilau sihir, No. 9 itu, titik fokus itu dan itu akan mengubah klub ini kembali ke masa-masa kejayaan dalam menantang gelar secara teratur," ujar Cole.

Senada dengan Joe Cole, Rio Ferdinand, eks bek Manchester United, juga menyarankan Chelsea bergerak untuk pemain seperti Haaland. Sebab, lini depan Si Biru saat ini masih kurang oke, dengan Olivier Giroud sudah tua dan Tammy Abraham belum cukup konsisten.

"Jika mereka [Chelsea] ingin menjadi pesaing di Liga Champions, Premier League, maka Giroud, baik ketika Frank ada di sini dan sekarang di bawah manajemen yang sama, dia telah menjadi pemain yang sedikit berperan. Itu karena usianya, jelas," kata Ferdinand.

"Dia bukan Giroud muda, dia berada di tahap karier yang berbeda. Saya tidak berpikir dia selalu ingin bermain di tiap laga. Saya pikir Tammy akan menempatkan dirinya di sana, tapi sekali lagi dia harus fit dan tetap fit."

"Tapi saya pikir, di level klub ini sekarang, mereka harus ke pasar untuk membeli No. 9 yang tak perlu diragukan lagi. Haaland adalah yang dibicarakan semua orang. Dia adalah pemain dalam performa terbaiknya."

"Jika Anda membawa striker lain, itu adalah bagian untuk dari menjadi klub top. Tidak akan pernah ada titik di mana mengatakan Tammy duduk di sana sambil berkata, "Saya bisa menjadi pemain nomor 1'. Anda harus berdesak-desakan untuk mendapatkan posisi itu," jelas Ferdinand, menyarankan Chelsea merekrut Erling Haaland.

(yna/bay)