Diisukan Latih Gladbach, Xabi Alonso Perpanjang Kontrak di Sociedad

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 26 Mar 2021 23:30 WIB
FILE - In this April 17, 2017 file photo, Bayern Munichs Xabi Alonso listens to a question during a news conference at the Santiago Bernabeu stadium in Madrid, Spain. German media reports say that former Spain midfielder Xabi Alonso is to take over at Borussia Moenchengladbach coach next season. The tabloid Bild and its sister magazine Sport Bild first reported that the 39-year-old Alonso has agreed to take over from current Gladbach coach Marco Rose, who is joining Borussia Dortmund next season. (AP Photo/Francisco Seco, File)
Xabi Alonso malah perpanjang kontrak di Real Sociedad ketika diisukan latih Gladbach (AP/Francisco Seco)
San Sebastian -

Xabi Alonso menjawab rumor dirinya akan melatih Borussia Moenchengladbach, dengan kontrak baru dari Real Sociedad. Alonso masih akan melatih tim B klub itu hingga 2022.

Nama Alonso jadi kandidat terkuat pengganti Marco Rose di Gladbach musim depan. Rose memang akan meninggalkan Gladbach untuk melatih Borussia Dortmund musim depan.

Munculnya Alonso sebagai calon pelatih baru Gladbach terbilang mengejutkan. Sebab Alonso baru memulai kariernya sebagai pelatih saat pensiun tiga tahun lalu. Sembari kursus pelatih elite UEFA, Alonson menangani tim U-14.

Barulah pada 2019, Alonso pulang kampung untuk menangani Real Sociedad B. Nah, performa apik Alonso di klub itu jadi alasan Gladbach mengejarnya. Sayang, impian Gladbach merekrut Alonso harus pupus.

Sebab, Alonso masih ingin mencari pengalaman di Sociedad, meroketkan pemain muda, sekaligus mendekatkan diri dengan keluarganya. Maka dari itu, Alonso menerima kontrak baru dari Sociedad yang menahannya hingga 2022.

"Saya tetap yakin dengan proyek ini dan ingin membantu para pemain Zubieta (Akademi Sociedad) yang ingin mentas ke tim utama," ujar Alonso seperti dikutip Marca.

"Kami punya banyak target dan ambisi musim ini, karena kami selalu menantang diri kami sendiri," sambungnya.

Xabi Alonso menangani tim Real Sociedad B sejak 1 Juni 2019 dengan total 47 pertandingan, rinciannya 23 menang, 12 imbang, dan 12 kalah. Sociedad B kini bermain di Segunda B, dua tingkat di bawah LaLiga.

Maka dari itu, Borussia Moenchengladbach harus mencari calon pelatih baru lagi. Gladbach musim ini tampil buruk karena terpuruk di peringkat 10 klasemen dengan selisih 11 poin dari Eintracht Frankfurt di empat besar.

(mrp/raw)