Sami Khedira, Eks Juventus dan Real Madrid, Pensiun dari Sepakbola

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 20 Mei 2021 06:40 WIB
BERLIN, GERMANY - FEBRUARY 05: Sami Khedira of Berlin is seen prior to the Bundesliga match between Hertha BSC and FC Bayern Muenchen at Olympiastadion on February 05, 2021 in Berlin, Germany. (Photo by Boris Streubel/Getty Images)
Sami Khedira pensiun akhis musim ini (Foto: Getty Images/Boris Streubel)
Jakarta -

Sami Khedira memutuskan gantung sepatu. Perjalanan karier gelandang asal Jerman itu akan berakhir musim ini.

Khedira, 34 tahun, mengumumkannya pada Rabu (19/5/2021). Laga Hoffenheim vs Hertha Berlin di pekan penutup Liga Jerman musim ini akan menjadi pertandingan terakhirnya di lapangan hijau.

"Ini langkah yang sulit, dan berat bagiku untuk membicarakannya, tapi ini keputusan yang tepat. Selama 15 tahun berkarier di sepakbola profesional telah meninggalkan jejak, dan aku harus jujur menilai apa yang masih bisa dan tak bisa kulakukan lagi," kata Khedira, dikutip The Athletic.

"Pertama, aku ingin beristirahat dan menjauh sebentar. Tapi aku akan tetap berada di sepakbola. Menjadi apa? Itu lihat nanti," kata pemain berdarah Tunisia itu.

Karier profesional Khedira dimulai bersama VfB Stuttgart pada 2006. Berada dalam skuad yang juga diisi oleh Mario Gomez, Fernando Meira, dan Timo Hildebrand, ia berhasil menjuarai Bundesliga 2006/07.

Bersama Stuttgart pula Khedira mendapat panggilan pertama dari Timnas Jerman pada 2009. Usai tampil impresif di Piala Dunia 2010 bersama Die Mannschaft, ia pun dipinang Real Madrid dan bertahan 5 musim di sana, meraih Copa del Rey, LaLiga, hingga Liga Champions.

Bersama Jerman, kariernya pun mencapai puncaknya dengan memenangi Piala Dunia 2014. Khedira tampil 5 kali selama kejuaraan, namun absen di final melawan Argentina karena cedera.

Pada 2015, saat kontraknya bersama El Real habis, Juventus pun menggaetnya. Ia berhasil memenangi 5 scudetto dan 3 Coppa Italia. Pada Februari 2021, ia hijrah ke Hertha setelah tak lagi masuk rencana pelatih Andrea Pirlo di Turin.

Tampil 8 kali sejauh ini, Khedira membantu Hertha bertahan di Bundesliga musim depan. Kini, ia memilih pensiun di sana.

(adp/raw)