Mueller dan Hummels Kembali ke Skuad Jerman untuk Piala Eropa 2020

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 19 Mei 2021 21:40 WIB
Jakarta -

Jerman baru saja mengumumkan komposisi skuadnya yang akan berlaga di Piala Eropa 2020. Dua pemain veteran, Thomas Mueller dan Mats Hummels kembali dipanggil.

Kedua pemain itu menjadi pemain-pemain kunci saat Jerman memenangi Piala Dunia 2014. Namun, sejak Jerman ditahan Belanda 2-2 di laga UEFA Nations League pada November tiga tahun lalu Mueller dan Hummels belum lagi dipanggil.

Pelatih Jerman Joachim Loew memilih untuk fokus membangun skuad berisi pemain-pemain yang lebih muda. Akan tetapi, Mueller dan Hummels tampil bersinar dalam tiga musim terakhir bersama klubnya masing-masing sehingga cukup untuk mengubah keyakinan Loew.

Thomas Mueller membantu Bayern memenangi tiga titel Bundesliga, dua Piala DFB, dan satu Liga Champions. Sedangkan secara individu, Mueller membukukan 38 gol dan 66 assist di seluruh kompetisi.

Sementara itu Mats Hummels berperan penting dalam sukses Borussia Dortmund finis runner-up Bundesliga dalam dua musim dan memenangi medali juara Piala DFB musim ini.

Timnas Jerman sendiri kehilangan dua pemain penting, yaitu kiper Marc-Andre ter Stegen (Barcelona) dan gelandang serang Dortmund Marco Reus. Ter Stegen absen karena harus menjalani operasi lutut sedangkan Reus ingin memulihkan diri dari musim yang sangat intens.

Gelandang berpengalaman Toni Kroos (Real Madrid) juga masuk dalam daftar meski sedang terinfeksi virus corona.

Piala Eropa 2020 akan menandai akhir era Joachim Loew membesut timnas Jerman. Dia akan mundur seusai turnamen dan kabarnya akan digantikan oleh Hansi Flick.

(rin/aff)