Kasus Pemerasan Video Seks, Benzema Divonis Penjara 1 Tahun

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 24 Nov 2021 19:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - OCTOBER 03: Karim Benzema of Real Madrid reacts after missing a chance during the La Liga Santander match between RCD Espanyol and Real Madrid CF at RCDE Stadium on October 03, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Karim Benzema divonis setahun penjara dan denda atas kasus pemerasan video seks. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Versailles -

Karim Benzema dinyatakan bersalah dalam kasus pemerasan video seks dari eks rekan setimnya, Mathieu Valbuena. Benzema divonis setahun penjara yang ditangguhkan.

Pemain internasional Prancis dan Real Madrid itu juga diharuskan membayar denda sebesar 75 ribu euro (Rp 1,2 miliar) oleh Pengadilan Versailles. Selain itu si pemain juga diperintahkan membayar 80 ribu euro (Rp 1,3 miliar) kepada Valbuena untuk mengganti biaya hukumnya serta 150 ribu euro (Rp 2,4 miliar) untuk ganti rugi bersama tiga terdakwa lainnya.

Benzema sendiri membantah keterlibatannya dalam kasus pemerasan video seks itu dan tidak hadir di dalam persidangan. Masing-masing kuasa hukum menyelesaikan proses memberikan bukti kasus pada 22 Oktober, sebelum hakim mengumumkan putusannya pada pagi ini (24/11/2021).

Hakim mengatakan, sekalipun Benzema tidak mengetahui detail dari pemerasan itu dia dianggap tetap ikut ambil bagian di dalamnya. Benzema disebut menggunakan tipu daya untuk mencoba mencapai tujuan sembari didukung oleh rekan-rekan sesama terdakwa.

Kuasa hukum Karim Benzema memastikan akan naik banding. "Kami cukup terkejut dengan putusan ini. Sebuah banding diperlukan. Dia akan dibebaskan dengan banding ini," ucap dia dilansir dari the Athletic.

Valbuena tidak lagi bermain untuk Prancis sejak kasus ini terkuak. Sedangkan Benzema 'dibekukan' selama lima tahun sebelum dipanggil lagi untuk berseragam Les Bleus jelang Piala Eropa 2020.

Meski demikian, Benzema bisa bernapas lega karena kariernya di timnas Prancis tetap aman meski dinyatakan bersalah dalam kasus ini. Pada awal bulan ini, Presiden FFF (Federasi Sepakbola Prancis) Noel Le Graet mengungkapkan, Benzema dijamin tidak akan dikeluarkan dari skuad apapun hasil putusan persidangan.

Benzema moncer sejak kembali ke skuad Prancis. Penyerang berusia 33 tahun itu telah menciptakan sembilan gol plus dua assist dalam 13 penampilan terakhirnya di level internasional.

Di level klub, Benzema sudah mengemas 14 gol dan delapan assist untuk Real Madrid dalam 16 pertandingan di seluruh kompetisi. Dia dijadwalkan akan memperkuat Madrid saat menghadapi Sheriff di lanjutan Liga Champions, Kamis (25/11/2021) dinihari WIB.

(rin/krs)