ADVERTISEMENT

Bayern Dinyatakan Tak Bersalah Dalam Kasus 12 Pemain Melawan Freiburg

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 09 Apr 2022 01:00 WIB
German referee Christian Dingert (2R) speaks with (LtoR) Bayern Munichs French defender Lucas Hernandez, Bayern Munichs German midfielder Jamal Musiala, Freiburgs Austrian defender Philipp Lienhart and Freiburgs German defender Nico Schlotterbeck during an interruption of the German first division Bundesliga football match SC Freiburg v FC Bayern Munich in Freiburg, southern Germany, on April 2, 2022. (Photo by Thomas KIENZLE / AFP) / DFL REGULATIONS PROHIBIT ANY USE OF PHOTOGRAPHS AS IMAGE SEQUENCES AND/OR QUASI-VIDEO
Bayern sempat menurunkan 12 pemain ketika melawan Freiburg pekan lalu. Foto: AFP/THOMAS KIENZLE
Jakarta -

Bayern Munich dinyatakan tidak bersalah saat menurunkan 12 pemain dalam laga melawan Freiburg pekan lalu. Dengan demikian, kemenangan 4-1 yang mereka raih kala itu tetap sah.

Peristiwa yang dimaksud terjadi pada Sabtu, 2 April 2022. Ketika laga sudah berjalan 85 menit, Niklas Suele dan Marcel Sabitzer masuk menggantikan Corentin Tolisso dan Kingsley Coman, namun nama terakhir tak keluar lapangan.

Akibatnya, selama 17 detik Bayern turun dengan 12 pemain. Coman tidak keluar karena nomor punggung yang tertera di papan pergantian pemain adalah 29, bukan 11.

Kesalahan nomor itu sebetulnya juga disebabkan manajer Bayern, Kathleen Krueger, yang menulis Coman bernomor 29 kala mendaftarkan pergantian pemain kepada ofisial pertandingan. Ia lupa bahwa itu adalah nomor lama Coman.

Freiburg, yang awalnya tak mempermasalahkan hal itu, kemudian berbalik mengajukan banding. Mereka, lewat pernyataan resmi, sebetulnya enggan mengambil langkah tersebut, namun akhirnya tetap maju setelah berkonsultasi secara hukum mengenai masalah ini.

Selain itu, ada kesan masalah ini bisa menimbulkan efek buruk di masa depan jika diabaikan begitu saja. Federasi Sepakbola Jerman (DFB) memang tak akan menyelidiki masalah ini jika Freiburg tidak mengajukan banding, sebuah aturan yang juga dikritisi oleh Freiburg.

Setelah Freiburg mengajukan banding, DFB lantas menyelidiki masalah ini. Jika Bayern terbukti bersalah, maka kemenangan yang mereka raih bisa dibatalkan. Namun keputusan yang keluar pada akhirnya tak mengubah apapun. Bayern dianggap tak bersalah.

"Pengadilan olahraga DFB memutuskan Bayern Munich tak bisa disalahkan terkait masuknya pemain yang tak memenuhi syarat. Ini lebih disebabkan kesalahan ofisial pertandingan sehingga pemain ke-12 bisa masuk ke lapangan dan permainan berlanjut," bunyi pernyataan resmi DFB, dikutip BBC.

Ofisial pertandingan diyakini lalai karena tak mengecek lagi apakah ada pemain bernomor 29 di daftar skuad Bayern. Selain itu, seharusnya salah satu antara Suele atau Sabitzer tidak boleh masuk lapangan jika Coman belum keluar. Di sini, ofisial pertandingan tidak menjalankan tugasnya dengan teliti.

Dengan keluarnya putusan ini, posisi Bayern saat ini di puncak klasemen Bundesliga tidak berubah. Mereka tetap memiliki 66 poin, disusul Dortmund dengan 57 poin.

(adp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT