Hertha (Tidak) Terkait dengan Nazi

- Sepakbola
Kamis, 06 Des 2007 02:50 WIB
Berlin - Sebagai tim yang berasal ibukota Jerman, Hertha Berlin seringkali dihubung-hubungkan dengan Nazi. Apalagi mereka bermarkas di stadion yang dibangun oleh Adolf Hitler.

Selama rezim Nazi berkuasa di Jerman, dikabarkan beberapa petinggi klub menjadi anggota partai Nazi dan membantu partai tersebut dengan alasan untuk melindungi klub. Bahkan beberapa pemain Hertha di era itu juga sempat terkait dengan Nazi.

Salah satu legenda Hertha yang membantu mereka menjadi juara Jerman tahun 1930 dan 1931, Hanne Sobek, pernah menjadi anggota partai tersebut pada tahun 1940. Walaupun kemudian Sobek keluar dan berbalik menentang Nazi.

Politik anti-semit yang diterapkan Nazi juga pernah memakan korban di Hertha. Beberapa tim dokter Hertha yang merupakan orang Yahudi pernah dikirim ke kamp konsentrasi Auschwitz pada 1943, dan akhirnya dibunuh di kamp tersebut.

"Banyak fans, bahkan hingga hari ini, masih mengaitkan kami dengan era itu (era Nazi) karena kami telah bermain di stadion Olympic sejak Bundesliga bergulir tahun 1963," ujar Presiden Hertha, Bernd Schiphorst, merujuk pada Stadion Olympic memang dibangun oleh salah satu arsitek Hitler, Albert Speer, seperti dilansir Yahoosport.

Tetapi profesor Daniel Koerfer dari Universitas Freie, menemukan fakta bahwa relasi Hertha dengan Nazi tidak terlalu kuat. Menurut Koerfer, meski ketika itu para petingginya merupakan anggota Nazi, sebanyak 400 anggota klub dan pemain tidak menyukai Nazi dan lebih memilih menjauhinya.
(din/din)