sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 05 Mar 2019 01:03 WIB

Laporan dari Spanyol

Dear LaLiga, Tolong Hilangkan Asap Rokok dari Stadion

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Santiago Bernabeu belum bebas asap rokok (Mohammad Resha Pratama) Santiago Bernabeu belum bebas asap rokok (Mohammad Resha Pratama)
Madrid - Tak berbeda seperti di Indonesia, Santiago Bernabeu ternyata belum bebas asap rokok. Kok bisa?

Merokok sejauh ini memang masih diperbolehkan di Bernabeu. Hal itu yang dirasakan detikSport ketika menonton pertandingan El Clasico di stadion berkapasitas 81 ribu tempat duduk itu, Sabtu (2/3/2019) malam waktu setempat.

Sedari pertandingan belum dimulai, orang-orang dengan bebas bisa mengepulkan asap dari rokok tradisional atau elektrik yang mereka bawah ke stadion. Bahkan saat laga sudah dimulai pun, pemandangan seperti itu terlihat biasa saja.




Kepulan asap itu terbilang sangat mengganggu, terlebih nyaris tidak ada jarak antar bangku penonton. Alhasil, Ini akan jadi masalah besar buat mereka yang tidak merokok. Padahal ada masalah lain yang harus dihadapi oleh orang Asia seperti saya: udara dingin malam hari di kota Madrid.

"Ya, memang seperti itulah. Para penonton di Spanyol sini memang suka merokok saat pertandingan. Memang mengganggu, tapi ini sudah jadi tradisi di sepakbola negara ini," ujar perwakilan LaLiga yang ikut menemani detikSport, Monica Lo Satos, saat berbincang dengan detikSport.




Untungnya petugas kebersihan Bernabeu selalu sigap membersihkan sehari setelah pertandingan sehingga stadion kembali bersih seperti sedia kala.

Fenomena ini sebenarnya bertentangan dengan undang-undang anti tembakau sudah diberlakukan di seluruh Spanyol sejak 2011. Larangan merokok diberlakukan di semua ruang publik tertutup, termasuk bar, restoran, klub malam. Merokok juga dilarang di taman bermain anak atau di tempat-tempat seperti sekolah atau rumah sakit.

Apalagi sebagian besar klub-klub Eropa dan terutama Premier League sudah memberlakukan larangan merokok di dalam stadion. Di Spanyol, Barca jadi tim pertama yang mulai memberlakukan larangan merokok di dalam stadion pada 2011. Sebelumnya Barca cuma melarang penonton merokok di lorong pintu masuk stadion.

Jadi LaLiga, tolong segera bikin aturan tetap untuk melarang merokok di stadion.


(mrp/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com