sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 14 Mar 2019 09:51 WIB

Laporan dari Spanyol

Municipal Butarque, Stadion Penuh Cinta di Pinggir Kota Madrid

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Estadion Butarque, kandang klub Leganes (Resha Pratama/detikSport) Estadion Butarque, kandang klub Leganes (Resha Pratama/detikSport)
Madrid - Nama Estadio Municipal Butarque tak setenar Santiago Bernabeu atau Vicente Calderon. Tapi, stadion di pinggiran kota Madrid itu menyimpan sejuta cinta.

Jika Anda berkunjung ke kota Madrid, jelas Bernabeu ada di urutan pertama daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi. Selain itu ada juga kandang lama Atletico Madrid, Vicente Calderon, yang sebentar lagi akan dimusnahkan untuk dijadikan kompleks tempat tinggal.

Wanda Metropolitano sebagai stadion baru Atletico adalah destinasi wisata baru di ibukota Spanyol itu. Tapi, jangan salah karena pesona Madrid tak hanya di dua klub besar itu mengingat ada juga beberapa klub seperti Getafe, Rayo Vallecano, atau Leganes, yang menyimpan pesona yang tak kalah menariknya.


Municipal Butarque, Stadion Penuh Cinta di Pinggir Kota MadridFoto: Resha Pratama/detikSport


Bicara soal pesona, mungkin Municipal Butarque bisa dimasukkan dalam daftar jalan-jalan Anda di kota Madrid. Berjarak sekitar 13 menit dengan menggunakan taksi, stadion milik klub Leganes ini berada di pinggiran kota Madrid atau tepatnya di distrik Leganes.




Begitu Anda turun dari taksi, tak terlihat kalau stadion mungil adalah kandang klub semenjana macam Leganes. Anda mungkin Akan takjub melihat betapa cantiknya stadion berwarna biru-putih, sesuai dengan jersey Leganes, dari luar. Makin kaget karena ini adalah milik klub yang baru masuk LaLiga pada 2016 setelah berdiri selama 90 tahun.

Didirikan pada 14 Februari 1998, stadion ini memiliki kapasitas awal sekitar 8.138 tempat duduk sebelum kini mencapai angka 12.450. Jika melihat tanggal dibukanya stadion ini, ya memang bertepatan dengan Hari Valentine yang merupakan Hari Kasih Sayang di seluruh dunia. Untuk itulah stadion ini diciptakan, memberikan cinta kepada seluruh fans Leganes yang ada di kota Madrid.


Municipal Butarque, Stadion Penuh Cinta di Pinggir Kota MadridFoto: Resha Pratama/detikSport


Sebagaimana takdir, cinta itu kerap datang tanpa diduga-duga. Ya, seperti itulah Leganes yang menyeruak ke kompetisi level teratas Spanyol pada 2016 dan punya basis fans paling loyal di LaLiga.

"Stadion Butarque ini dibangun pada 14 Februari dan bertepatan dengan hari Valentine, ya memang stadion ini penuh dengan cinta. Kami ingin para penonton mencintai Leganes," ujar Direktur Leganes, Martin Ortega, saat menemani detikSport berkunjung di stadion tersebut belum lama ini.


Municipal Butarque, Stadion Penuh Cinta di Pinggir Kota MadridFoto: Resha Pratama/detikSport



Tidak seperti Coloseum Alfonso Perez milik Getafe atau Vallecas milik Rayo yang terkesan jadul serta kusam, Municipal Butarque ini mirip stadion modern yang baru dibangun. Bahkan stadion tersebut memiliki layar video di setiap toiletnya agar para suporter tidak ketinggalan sedikit pun momen saat Leganes sedang bertanding. Fasilitas yang mana baru dipunya oleh stadion sekelas Bernabeu di ibukota.




Wajar saja karena Leganes memiliki rataan kehadiran penonton sekitar 90 persen, salah satu yang tertinggi di Spanyol selain Bernabeu, Camp Nou, dan Wanda Metropolitano. Sebagai catatan, Leganes punya sekitar 10-11 ribu pemegang tiket musiman yang mana itu bisa menjadi sumber pemasukan penting klub setiap musimnya.


Municipal Butarque, Stadion Penuh Cinta di Pinggir Kota MadridFoto: Resha Pratama/detikSport


Bukan tanpa sebab mengingat Leganes adalah wajah sebenarnya dari kota kecil di provinsi Madrid yang mencoba eksis melalui sepakbola. Lewat media itulah, Leganes ingin membuktikan bahwa Madrid bukanlah sekadar Madrid atau Atletico.

Lewat cinta dan romansa yang kuat antara klub serta suporter, Leganes ingin coba eksis di LaLiga. Leganes tak mau cuma dikenal sebagai daerah penghasil mentimun terbesar di Spanyol selama berabad-abad lamanya, tapi juga lambang perjuangan klub kecil dari pinggiran ibukota yang ingin menunjukkan ada hasil bagus bisa dicapai jika berjuang dengan sepenuh hati.


Municipal Butarque, Stadion Penuh Cinta di Pinggir Kota MadridFoto: Resha Pratama/detikSport


Sungguh sebuah cerita cinta romantis dari pinggir kota Madrid.




Municipal Butarque, Stadion Penuh Cinta di Pinggir Kota Madrid
(mrp/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed