sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 21 Mar 2019 09:51 WIB

Ada Petuah Koeman di Balik Kepindahan De Jong ke Barcelona

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Gelandang muda Ajax Frenkie De Jong sempat berkonsultasi dengan pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman sebelum memutuskan bergabung dengan Barcelona. (Foto: David Ramos/Getty Images) Gelandang muda Ajax Frenkie De Jong sempat berkonsultasi dengan pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman sebelum memutuskan bergabung dengan Barcelona. (Foto: David Ramos/Getty Images)
Jakarta - Ada petuah Ronald Koeman di balik kepindahan Frenkie De Jong ke Barcelona. Pelatih timnas Belanda itu sempat memberi masukan soal Blaugrana.

Tanda tangan De Jong sudah diamankan Barcelona pada bursa transfer musim dingin lalu. Gelandang belia Ajax Amsterdam itu itu dipastikan dibeli sebesar 75 juta euro atau Rp 1,2 triliun, dan baru akan bergabung pada Juli mendatang.

Sebelum memutuskan bergabung dengan Barcelona, De Jong sebenarnya juga diminati oleh Manchester City dan Paris Saint-Germain. Ia menolak dua tawaran tersebut setelah berdiskusi dengan Koeman.




Pria kelahiran Arkel itu rupanya meminta masukan kepada Koeman terkait kondisi di Barcelona. Maklum, Koeman cukup lekat dengan tim asal Catalunya itu karena pernah menjadi pemainnya pada 1989-1995.

"Saya tentu bertanya kepada pelatih tentang beberapa hal. Seperti apa di sana, kehidupan dan waktunya saat di klub," ujar De Jong mengenai Koeman dilansir dari Football-Oranje.




"Selalu menyenangkan mengetahui hal semacam itu. Kami membicarakan tentang hal tersebut secara teratur. Ya, juga sebelum transfer saya ke Barcelona. Pada periode itu saya juga berdiskusi soal rumor dan ketertarikan tim lain. Saya ingin tahu tentang apa yang dikatakan pelatih."

"Saya pikir yang paling penting bagi pelatih, bahwa adalah saya mendapatkan banyak menit bermain di level yang tinggi," ujarnya menambahkan.

Pekan ini, De Jong dan Koeman akan bahu membahu di Timnas Belanda. De Oranje akan melakoni dua pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan menghadapi Belarusia (22/3) dan Jerman (25/3). (yna/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com