sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 10 Sep 2019 16:27 WIB

Messi Bisa Kapan Saja Tinggalkan Barcelona, Siapa Saja Kandidat Klub Barunya?

Adhi Indra Prasetya - detikSport
Lionel Messi kabarnya boleh meninggalkan Barcelona kapan saja (Josep Lago / AFP) Lionel Messi kabarnya boleh meninggalkan Barcelona kapan saja (Josep Lago / AFP)
Jakarta - Lionel Messi disebut bisa meninggalkan Barcelona tahun depan, meski kontraknya baru berakhir tahun 2021. Jika hal itu terjadi, ke mana ia akan berlabuh?

Sepanjang karir profesionalnya, Messi selalu berseragam Barcelona. Sejak menandatangani kontrak profesional pertamanya pada tahun 2005, Messi sudah memperbaruinya sebanyak 8 kali, terakhir pada 2017 yang membuatnya bertahan di Camp Nou hingga 2021.

Meski begitu, kabar terbaru menyebut Messi memiliki klausul dalam kontrak terakhirnya di mana ia bebas meninggalkan Barcelona kapan saja dia mau. Andaikan Messi memilih opsi tersebut di akhir musim nanti, publik bertanya-tanya, kemanakah ia akan melanjutkan karirnya?



Berikut klub-klub yang bisa dibela Messi :

1. Newell's Old Boys

Sebagai pemain yang lahir dan besar di Rosario, sangat mungkin Messi kembali ke klub tempatnya memulai karir sepakbola. Newells bisa jadi pilihan Messi atas dasar kedekatan emosional. Dibanding Boca Juniors atau River Plate, Newells jauh kalah mentereng. Pada suatu waktu Messi pernah bilang dia ingin pulang ke klub lamanya sebelum pensiun nanti.

2. Manchester City

Keberadaan Josep Guardiola menjadi salah satu alasan Messi bisa bergabung dengan Manchester City. Messi bisa membantu The Citizens mewujudkan mimpi meraih trofi Liga Champions.

3. Paris Saint-Germain

Dengan kekuatan uang dan koneksi pemain Spanyol dan Amerika Latin di klub ini, Messi bisa saja pindah ke Paris. Namun, PSG punya dua kelemahan, yakni prestasi buruk di kancah Eropa dan ancaman financial fair play yang sudah menghantui mereka beberapa tahun terakhir.



4. Major League Soccer

Belum lama ini muncul rumor bahwa Messi akan hijrah ke MLS. Jika jadi pindah, ada kemungkinan ia akan bergabung dengan klub milik David Beckham, yaitu Inter Miami yang akan bertanding di MLS mulai musim 2020 mendatang. Beckham santer dikabarkan sudah mendekati beberapa pemain top Eropa untuk bergabung dengan klubnya.

5. Liga Qatar

Di liga ini, Messi bisa saja bergabung dengan Al-Sadd, klub yang kini dilatih mantan koleganya di Barcelona, Xavi Hernandez. Gaji Messi yang mahal nampaknya juga bukan halangan. Namun, hambatan yang menanti Messi adalah cuaca panas dan level kompetisi yang jauh di bawah Eropa.



Simak Video "Hai Fans Barcelona, Kondisi Messi Sudah Oke"
[Gambas:Video 20detik]
(din/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com