sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 06 Des 2019 08:30 WIB

Laporan dari Spanyol

Mencicipi Tur ke Santiago Bernabeu: Hala Madrid!

Mei Amelia R - detikSport
Tur di Santiago Bernabeu (Mei Amelia/detikSport) Tur di Santiago Bernabeu (Mei Amelia/detikSport)
Madrid - Bagi fans sepakbola khususnya Real Madrid, wajib hukumnya untuk main ke Santiago Bernabeu jika berada di Spanyol. Itu adalah "wisata religi" bagi mereka.

Yup, Stadion Santiago Bernabeu ini tidak hanya sebagai tempat untuk Madrid menggelar laga kandang, tapi sekaligus "otobiografi" yang menceritakan perjalanan Madrid dari masa ke masa, lengkap dengan trofi-trofi serta para pemain topnya.

detikSport berkesempatan mengunjungi Stadion Santiago Bernabeu, Senin (2/12/2019). Nah, buat kalian yang ingin melakukan tur di stadion ini, siapkan tiket seharga 25 Euro atau setara dengan Rp 390.267. Itu jika kamu keliling stadion tanpa guide. Tapi, kalau kamu mau ditemani guide, harus mengeluarkan lagi 6 euro.



Mencicipi Tur ke Santiago Bernabeu: Hala Madrid!Foto: Mei Amelia/detikSport



Untuk diketahui, Stadion Santiago Bernabéu ini memiliki kapasitas 85.454 pengunjung dengan luas 105x68 meter persegi. Luas banget kan? Stadion yang berdiri sejak tahun 1947 ini terletak di pusat kota Madrid, tepatnya di Avda. de Concha Espina 1, distrik Chamartin.






Oh iya, saat ini Stadion Santiago Bernabeu sedang direnovasi, jadi kalau mau foto-foto di depan stadion agak kurang memuaskan karena terhalang oleh seng pengaman proyek. Stadion baru nantinya akan memiliki atap penutup dan ketinggian bertambah hingga 12 meter. Renovasi juga termasuk penambahan fasilitas baru di dalam stadion tersebut.



Mencicipi Tur ke Santiago Bernabeu: Hala Madrid!Foto: Mei Amelia/detikSport




Sebelum melakukan tur di stadion, pengunjung akan diperiksa oleh sekuriti yang dilengkapi dengan pemeriksaan security door, jadi jangan coba-coba bawa barang aneh-aneh dan membahayakan ya, termasuk kamera dilarang masuk. Pengunjung diperbolehkan mengabadikan foto dan video saat tur dengan menggunakan kamera telepon seluler.

Pemeriksaan sekuriti sudah oke, sekarang saatnya tur dimulai. Pertama yang akan kamu temui adalah sederet piala yang diperoleh tim skuat Zinedine Zidane ini, dari masa ke masa. Hingga saat ini, Real Madrid sudah punya 72 tropi dengan rincian: 33 juara liga, 12 Liga Champions, 19 Copa del Rey, 2 Piala UEFA dan 5 Piala Dunia Antarclub. Hmmm....banyak juga ya!

Di dalam stadion juga dipajang sejumlah kaos dengan nomor punggung masing-masing pemain lengkap dengan sepatunya. Tidak hanya kaos yang dipakai tim sekarang, tetapi di sana juga terpajang properti yang digunakan oleh pemain legendaris.

Pengunjung juga bisa mendapatkan informasi sejarah Real Madrid dari awal 1902 hingga saat ini di hall of fame. Selain berupa tayangan geser, ada juga informasi A-Z soal Real Madrid yang ditampilkan dalam bentuk hologram.







Satu hal lagi, di sana terdapat sejumlah speaker--dengan bentuk mirip terompet--yang mengeluarkan suara untuk mengenang euforia gol-gol kemenangan hingga lagu kebangsaan Real Madrid. Caranya, kita harus mendekatkan kuping kita ke terompet itu dan akan terdengar suara di baliknya. Gol..gol...gol...gol!!



Mencicipi Tur ke Santiago Bernabeu: Hala Madrid!Foto: Mei Amelia/detikSport




Selain melihat-lihat tropi kemenangan Real Madrid, pengunjung juga bisa foto-foto sama 'seluruh tim'. Pengunjung bebas memilih siapa saja pemain yang ingin diajak berfoto atau pose gaya bebas dengan tropi Real Madrid. Tapi, foto ini editan ya, artinya tidak dengan orangnya langsung.

Untuk berfoto saja gratis ya. Tapi, jika ingin mencetak foto tersebut, harus mengeluarkan lagi uang sebesar 13 Euro untuk ukuran kecil atau 18 Euro untuk ukuran besar. Foto yang sudah dicetak bisa diambil di sesi akhir tur.

Satu hal yang menarik dari tur ini, pengunjung juga bisa melihat ke tribun penonton. Pengunjung juga boleh kok mencoba duduk di bench tim dan berfoto-foto di sana dengan pose ala ala tim Real Madrid.

Dari situ, perjalanan tur dilanjutkan ke toilet khusus para pemain. Ukuran toilet cukup besar, dilengkapi dengan shower, hingga sauna. Sayangnya, pengunjung tidak bisa melihat ke ruang ganti para pemain. Pengunjung cuma boleh mengintip dari kejauhan.

Sampailah kita di akhir tur. Pengunjung akan melewat shopping center tiga lantai yang menjual segala merchandise terkait Real Madrid mulai dari kaos, jaket, sarung tangan, bola, hingga pernak-pernik lain berupa tumbler bahkan gantungan kunci. Di sini, pecinta Real Madrid juga bisa mencetak foto.

Hala Madrid!






Simak Video "Valencia vs Real Madrid: Courtois Bantu Selamatkan Los Blancos"
[Gambas:Video 20detik]
(mei/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com