sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 13 Jan 2020 04:22 WIB

Real Madrid Vs Atletico Madrid: Menang Adu Penalti, El Real Kampiun

Doni Wahyudi - detikSport
Real Madrid Vs Atletico Madrid di final Piala Super Spanyol tuntas dengan skor 4-1 (Francois Nel/Getty Images)
Jakarta - Real Madrid Vs Atletico Madrid di final Piala Super Spanyol harus dituntaskan via adu penalti. El Real jadi pemenang dalam laga ini dengan keunggulan 4-1.

Final Piala Super Spanyol dilangsungkan di King Abdullah Sports City, Senin (13/1/2020) dinihari WIB. Pertandingan berjalan menarik, dengan kedua tim bergantian menyerang dan menciptakan peluang emas.

Madrid unggul tipis dalam penguasaan bola 56:46. Skuat besutan Zinedine Zidane juga lebih baik dalam jumlah tembakan yang dilepaskan, yakni 16:12.



Jalannya Pertandingan Piala Super Spanyol: Real Madrid Vs Atletico Madrid

Sebuah tendangan Casemiro di menit ke enam menjadi penyalamatan pertama yang dilakukan Jan Oblak dalam laga ini.

Di menit 14 sebuah kesalahan yang dibuat Sergio Ramos nyaris membuat Atletico unggul. Bola yang dibuang Ramos buang justru jatuh ke kaki Joao Felix yang berdiri tepat di muka kotak penalti. Namun Felix gagal menuntaskan menjadi gol, sepakannya terlalu melebar.

Atletico, yang lebih banyak menekan di 20 menit pertama pertandingan, punya peluang lain melalui tendangan Alvaro Morata pada menit 20. Keputusan Morata mengarahkan tembakan ke tiang dekat tak membuahkan hasil yang diinginkan karena arahnya melenceng.

Isco! Madrid mengancam gawang Atletico dari skenario tendangan sudut. Bola yang mengarah ke tiang dekat ditanduk Isco, namun arahnya sundulan sang gelandang tak tepat ke sasaran.

Dua menit sebelum turun minum, Madrid kembali menciptakan peluang via tendangan sudut. Kali ini tandukan Casemiro menyongsong umpan Toni Kroos tipis melayang di atas mistar gawang.

Real Madrid Vs Atletico Madrid di babak pertama tuntas tanpa golReal Madrid Vs Atletico Madrid di babak pertama tuntas tanpa gol Foto: AP Photo/Hassan Ammar


Babak pertama tuntas tanpa gol.

Madrid mencoba menggebrak di awal babak kedua. Luka Jovic mencimpatakan dua kesempatan matang menjadi gol dalam selang lima menit.

Kans dia yang pertama, di menit 48, tercipta saat melakukan solo run yang membuat tiga pemain Atletico pontang-panting. Penetrasinya terhenti di dalam kotak penalti akibat tekel bek lawan.

Dua menit berselang Jovic dapat runag tembak di luar kotak penalti. Dengan cerdik dia mengarahkan bola ke tiang jauh, tapi si kulit bundar luput tipis dari sasaran.



Peluang terbaik Real Madrid di laga ini! Jovic melepas crossing dari sisi kanan yang berhasil menemui Federico Valverde tepat di muka gawang dan tak terkawal. Sekali lagi peluang tersebut gagal jadi gol. Tandukan Valverde tak sempurna, bola yang dia sundul mengenai kakinya sendiri dan malah melenceng jauh dari bidang target.

Morata! Umpan ciamik yang dilepaskan Kieran Trippier membuat Morata tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Thibaut Courtois. Tapi sekali lagi Morata gagal memberi keunggulan untuk timnya, sepakannya ke tiang dekat terbaca dengan baik oleh Courtois. Atletico cuma dapat tendangan sudut.

Di periode injury time Madrid punya peluang menuntaskan laga. Rodrygo menguasai bola yang datang dari sisi kanan. Hanya saja, tendangan mendatarnya dari dalam kotak penalti bisa dijinakkan Jan Oblak.

Jual-beli serangan terjadi di dua babak perpanjangan waktu. Madrid layak berterima kasih pada Courtois atas penampilan cemerlangnya di bawah mistar gawang.

Pada sisi gawang yang lain, Oblak juga tak kalah gemilang. Dia membuat dua penyelamatan beruntun pada menit 110. Yang pertama saat menghalau tendangan Modric. Dari momen itu bola jatuh ke kaki Mariano Diaz. Namun lagi-lagi Oblak bisa menghalau sepakan pemain depan berusia 26 tahun itu.

Federico Valverde melakukan tekel dari belakang untuk menghentikan Alvaro Morata dalam final Piala Super Spanyol antara Real Madrid Vs Atletico MadridFederico Valverde melakukan tekel dari belakang untuk menghentikan Alvaro Morata dalam final Piala Super Spanyol antara Real Madrid Vs Atletico Madrid Foto: Francois Nel/Getty Images


Madrid kehilangan satu pemain di babak kedua perpanjangan waktu, tepatnya di menit 116. Federico Valverde dikartu merah wasit akibat tekel dari belakang yang dia lakukan untuk menghentikan Alvaro Morata, yang sudah berlari sendirian menuju gawang.

Di waktu sisa yang sangat singkat, Atletico gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain yang dipunya. Skor 0-0 bertahan dan harus diselesaikan dengan adu penalti.

Saat dua penendang penalti pertama Madrid (Dani Carvajal dan Rodygo) berhasil menuntaskan tugasnya, dua eksekutor pertama Atletico malah gagal. Sepakan Saul Niguez membentur tiang, sementara tendangan Thomas Partey diblok Courtois.

Satu-satunya eksekutor Atketico yang berhasil mencetak gol adalah Kieran Trippier. Sementara dua penendang penalti Madrid berikutnya juga berhasil menciptakan gol. El Real pun menang 4-1

Adu penalti Real Madrid Vs Atletico Madrid

Carvajal - Gol
Saul - gagal (tiang)
Rodrygo - Gol
Thomas Partey - Diblok
Modric - Gol
Kieran Trippier - Gol
Sergio Ramos - Gol

Susunan Pemain Real Madrid Vs Atletico Madrid

Real Madrid:
Thibaut Courtois, Dani Carvajal, Raphael varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy, Federico Valverde, Casemiro, Toni Kroos ('103 Vinicius Junior), Luka Modric, Isco ('60 Rodrygo), Luka Jovic ('83 Mariano Diaz)

Atletico Madrid:
Jan Oblak, Renan Lodi ('89 Marcos Alonso), Jose Gimenz ('98 Stefan Savic), Felipe, Kieran Trippier, Saul Niguez, Thomas, Hector Herrera ('56 Vitolo), Ange; Correa, Joao felix ('101 Santiago Arias), Alvaro Morata

Simak Video "Los Blancos Juara Piala Super Spanyol via Adu Penalti"
[Gambas:Video 20detik]
(din/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com