sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 14 Jan 2020 09:05 WIB

Quique Setien dan Barcelona: Takdir Si Pengagum Berat Lionel Messi

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Quique Setien dan Lionel Messi pada 2018 lalu. (Foto: Alex Caparros/Getty Images) Quique Setien dan Lionel Messi pada 2018 lalu. (Foto: Alex Caparros/Getty Images)
Jakarta - Quique Setien mendapatkan salah satu berkat terbesar dalam hidupnya ketika Barcelona mengangkatnya sebagai pelatih. Lionel Messi kini dalam genggamannya.

Setien resmi diumumkan sebagai pelatih baru Barcelona pada Selasa (14/1/2020) pagi WIB. Ia menggantikan Ernesto Valverde yang dicopot setelah 2,5 tahun melatih Blaugrana.

Terlepas dari kontroversi dan polemik perlakuan Barcelona terhadap Valverde, satu pihak bisa cukup berbahagia yakni Quique Setien. Ini boleh jadi sebuah kesempatan yang ia impikan sejak lama.


Setien memang tak punya riwayat dengan Barcelona termasuk sejak menjadi pemain. Tapi ia adalah pengagum filosofi permainan Los Cules yang dibentuk oleh sang legenda, Johan Cruyff, dan banyak terinspirasi dari ide-idenya.

Jika Cruyff adalah satu hal, maka Lionel Messi adalah hal lain yang membuat Setien merasa punya kedekatan dengan Barcelona. Eks pelatih Real Betis ini sangat mengidolakan bintang asal Argentina itu.

Dalam suatu waktu kala Barcelona masih ditangani Pep Guardiola, Setien mendapatkan undangan untuk menyaksikan Messi dkk latihan. Itulah pertama kalinya Setien bertemu secara langsung dengan Messi.


"Suatu hari, diundang oleh Guardiola, saya mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan Messi dari tepi lapangan. Saya menemuinya dan memintanya untuk bermain hingga saya 60 tahun, minimal sampai saya mati," ungkap Setien seperti dilansir Marca.

Setien dan Messi bahkan terlihat akrab ketika keduanya bertemu pada 2016, saat Barcelona bertandang ke Las Palmas. Kala itu Setien memang menjabat sebagai pelatih Las Palmas.

Barcelona menang 4-1 di laga tersebut dengan Neymar yang menjadi bintangnya. Tapi buat Setien, Messi tetap sosok paling utama di Barcelona. Keduanya sempat berpelukan lalu berbincang-bincang di lapangan dan berjalan bersama menuju lorong ruang ganti.


Takdir memihak pelatih yang kini berusia 61 tahun tersebut, ketika Barcelona mengumumkannya sebagai pengganti Valverde. Setien kini bisa sesuka hatinya mewujudkan ide-ide untuk Messi di lapangan.

Quique Setien dan Barcelona: Takdir Si Pengagum Berat Lionel Messi


Simak Video "Valverde Out, Quique Setien In"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com