Setien Kurang Puas dengan Bibit Muda La Masia

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 16 Apr 2020 19:00 WIB
VALENCIA, SPAIN - JANUARY 25: Quique Setien, Manager of Barcelona looks on prior to the La Liga match between Valencia CF and FC Barcelona at Estadio Mestalla on January 25, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)
Quique Setien mengungkapkan alasan minimnya jebolan La Masia di Barcelona (Foto: Eric Alonso / Getty Images)
Barcelona -

Pelatih Barcelona, Quique Setien, kurang puas dengan kualitas pemain yang dihasilkan La Masia. Ia berharap adanya peningkatan di akademi Blaugrana tersebut.

Barcelona dulu dikenal sebagai klub yang menghasilkan pemain berbakat. Los Cules kerap 'memanen' bibit-bibit muda La Masia yang menjelma menjadi pesepakbola top di dunia.

Beberapa nama lulusan akademi yang menembus tim utama Barcelona dan tersohor antara lain Pep Guardiola, Charles Puyol, Andres Iniesta, Xavi, Hernandez, hingga pemain terbaik dunia saat ini Lionel Messi.

Selain Messi, beberapa jebolan La Masia lainnya juga sampai saat ini masih bermain bersama Barcelona. Sebut saja Sergio Busquets, Gerard Pique, Jordi Alba, serta Sergi Roberto.

Kendati demikian, dalam beberapa tahun terakhir ini tak banyak jebolan baru La Masia yang mencuat hingga menembus skuat utama Barcelona. Pada musim ini saja, hanya Ansu Fati dan Carles Perez yang sempat menjadi buah bibir kala debut ke tim utama.

Dalam wawancara dengan TV3, Setien mengungkapkan alasan minimnya pemain-pemain muda akademi yang menembus ke skuat utama saat ini. Menurutnya, bibit-bibit muda La Masia masih kekurangan kualitas yang dibutuhkan juara bertahan LaLiga tersebut.

Alhasil, Barcelona kini lebih mengambil kebijakan praktis dengan membeli pemain-pemain yang telah matang di klub lain. Mulai dari Frenkkie de Jong hingga Antoine Griezmann dan Martin Braithwhite.

Ansu Fati, jebolan La Masia yang mencuat bersama Barcelona musim iniAnsu Fati, jebolan La Masia yang mencuat bersama Barcelona musim ini. (Foto: David Ramos/Getty Images)

"Apa yang orang-orang inginkan: Akademi atau untuk terus maju?," ujar Setien kepada TV3, dilansir dari Marca.

"Saya tak mengatakan bila kami tak bisa melakukannya dengan akademi. Namun saat melihat pemain-pemain itu tidak sesuai dengan yang anda butuhkan, mereka perlu peningkatan dan menjadi lebih kompetitif," dia menambahkan.

"Oleh karenanya, yang anda bisa lakukan adalah meminta mereka berkembang agar bisa menembus tim utama," demikian kata Setien.



Simak Video "Tak Ada Penularan Besar Corona Meski Ribuan Hadiri Konser di Barcelona"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/aff)