Rakitic Ngebet Main Lagi, Bahas Kewajiban dan Peran Pesepakbola

Kris Fathoni W - Sepakbola
Jumat, 01 Mei 2020 06:38 WIB
BILBAO, SPAIN - AUGUST 16:  Ivan Rakitic of FC Barcelona looks on during the Liga match between Athletic Club and FC Barcelona at San Mames Stadium on August 16, 2019 in Bilbao, Spain. (Photo by Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images)
Siap Main Lagi, Rakitic Bahas Kewajiban dan Peran Pesepakbola. (Foto: Juan Manuel Serrano Arce / Getty Images)
Barcelona -

Bintang Barcelona Ivan Rakitic menegaskan para pesepakbola wajib bermain lagi menuntaskan musim, sebagai cara mendukung warga dunia di tengah pandemi. Ia pun menekankan, semua pekerja punya risiko yang sama saat kembali beraktivitas.

Pandemi virus Corona sudah mencekik nyaris seluruh sendi-sendi aktivitas mayoritas warga dunia yang harus menjalani isolasi, karantina diri, atau malah kena lockdown. Sepakbola ikut terimbas, dengan liga-liga top dunia terhenti.

Sudah ada liga yang akhirnya dihentikan di tengah jalan, seperti Liga Prancis dan Liga Belanda. Tapi mulai ada pula pembahasan mengenai kemungkinan menggulirkan kembali liga -- walaupun tetap diiringi potensi penghentian sepenuhnya.

Rakitic, yang masa depannya di Barcelona kini sedang dispekulasikan, menegaskan bahwa dirinya ingin segera bermain lagi. Idealnya, menurut dia, begitu pula dengan koleganya sesama pesepakbola yang harus siap ambil risiko.

"Aku ingin bermain," kata Ivan Rakitic dalam wawancara dengan Marca yang dikutip Mirror.

"Kami memang harus berusaha kembali dengan jaminan kesehatan terbaik, tapi kami juga harus tahu bahwa hal itu tidak menjamin 100 persen. Ada risiko yang sama buat seluruh para pekerja yang kembali menjalani profesinya."

Ia menegaskan bahwa para pekerja lini tertentu seantero dunia pun kini mengambil risiko terpapar COVID-19 lewat aktivitasnya. Rakitic menambahkan bahwa pesepakbola punya kesempatan besar untuk berperan memberi hiburan dan kegembiraan di masa-masa sekarang.

"Pekerja di supermarket... memiliki peluang sama atau bahkan lebih besar terpapar ketimbang kami. Mereka mengambil risiko itu dan aku pun ingin mengambilnya. Menurutku kami punya kewajiban itu," ucapnya.

"Kami harus mengambil sebuah langkah awal, menghibur orang dengan apa yang mereka sukai dan membantu orang agar tidak terus-terusan memikirkan virus dan penyakit. Kami memiliki peluang untuk mendukung orang lain dan itu yang harus kami lakukan."



Simak Video "Xavi: Barcelona Bukan Favorit Juara Liga Europa, Tapi Sevilla"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/yna)