Langkah 'New Normal' Barcelona: Hadirkan Fans Virtual di Camp Nou

Yanu Arifin - Sepakbola
Sabtu, 16 Mei 2020 07:00 WIB
Fans pay tribute to Barcelonas Spanish midfielder Andres Iniesta before the Spanish league football match between FC Barcelona and Real Sociedad at the Camp Nou stadium in Barcelona on May 20, 2018. / AFP PHOTO / LLUIS GENE
Suasana di Stadion Camp Nou milik Barcelona. (Foto: Lluis Gene/AFP)
Barcelona -

Barcelona punya langkah untuk kehidupan baru di Stadion Camp Nou, jika kompetisi bergulir lagi. Pendukung-pendukung virtual siap hadir di markasnya.

Kompetisi Liga Spanyol diwacanakan bergulir lagi pada 12 Juni. Salah satu syaratnya adalah tidak menghadirkan penonton ke stadion, guna meredam penyebaran virus corona.

Barcelona, yang punya stadion berkapasitas 90 ribu, punya cara menyiasati agar penontonnya tetap 'hadir' mendukung Lionel Messi dkk. Wajah-wajah para suporternya akan terpampang di Camp Nou.

Salah satu sponsor Barcelona, CUPRA, menggagas kampanye 'Let's win this match together'. Nantinya, fans yang mengirim fotonya, bisa terpampang di papan iklan di pinggir lapangan.

"Foto-foto ini bisa dikirim melalui situs web resmi CUPRA, dan akan ditampilkan selama pertandingan, mengingatkan pemain bahwa para penggemar ada di belakang mereka dan membantu para suporter merasa sedikit lebih dekat dengan Klub dan stadionnya," jelas pernyataan Barcelona.

Kiper Marc-Andre Ter Stegen mendukung keputusan ini. Pemain asal Jerman itu mengaku kehadiran suporter bakal sangat penting, sekalipun lewat layar.

"Kami selalu istimewa saat bermain di Camp Nou, di mana dukungan para penggemarlah sangat penting. Inisiatif ini luar biasa, karena memungkinkan kami merasakan kehadiran mereka," kata Ter Stegen.



Simak Video "Barcelona Cukur Osasuna 4-0, Messi-Griezmann Cetak Gol"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/pur)