sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 02 Jun 2020 20:02 WIB

Real Madrid Lagi Suka Pemain Muda, Sudah Keluar Triliunan Rupiah

Kris Fathoni W - detikSport
View of Real Madrids logo before the UEFA Champions League final football match between Liverpool and Real Madrid at the Olympic Stadium in Kiev, Ukraine on May 26, 2018. / AFP PHOTO / Franck FIFE Real Madrid Lagi Suka Pemain Muda, Sudah Keluar Triliunan Rupiah (Foto: FRANCK FIFE/AFP)
Madrid -

Dalam beberapa tahun terakhir Real Madrid banyak merekrut pesepakbola muda di bawah 21 tahun. Dana triliunan rupiah pun sudah digelontorkan.

Media Spanyol yang berbasis di kota Madrid, Marca, mencatat bahwa dalam kurun waktu 10 tahun terakhir El Real sedah mengucurkan dana tak kurang dari 400 juta euro. Tepatnya 438,8 juta euro, atau sekitar Rp 7 triliun.

"Musim panas lalu, untuk pertama kalinya klub sudah merekrut enam pemain di bawah usia 21 tahun. Berikutnya bisa jadi pemain 17 tahun Eduardo Camavinga atau Erling Haaland yang berumur 19 tahun."

Disebutkan bahwa strategi merekrut pemain muda itu didasari oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah harga pesepakbola yang "menggila" setelah Neymar hijrah dari Barcelona ke Paris Saint-Germain.

Di sisi lain ada Juni Calafat, yang dideskripsikan sebagai sosok jempolan yang bertanggung jawab sebagai pimpinan tim pemantau bakat Real Madrid.

Tak kurang ada 24 pemain yang masuk dalam catatan Marca tersebut. Mulai dari Sergio Canales yang mengawali tren ini saat direkrut seharga 6 juta euro pada 2010, sampai Reinier yang merupakan salah satu pemain di bawah 21 tahun rekrutan Januari lalu.

Marca juga mengestimasi bahwa dari jumlah yang sudah digelontorkan itu, paling tidak ada 119,5 juta euro yang sudah masuk kas lagi berkat keuntungan dari penjualan pemain bersangkutan.

Mesut Oezil, misalnya, yang didatangkan beberapa bulan sebelum ulang tahun ke-21 pada musim panas 2010. Ia bertahan tiga musim dengan El Real sebelum dilepas pada 2013 untuk keuntungan 29 juta euro.

"Mateo Kovacic adalah pemain lain yang bertahan di Madrid selama tiga musim sebelum pergi ke Chelsea dengan uang lebih besar dibandingkan saat ia dibeli, dengan keuntungan 17 juta euro."

Di sisi lain, tak semua pembelian itu memperlihatkan hasil positif dalam hal kiprah pemain bersangkutan maupun harga jualnya yang menuai laba.

Salah satunya Sergio Diaz. Pemain berjuluk Sergio Aguero dari Paraguay itu direkrut tahun 2016 seharga lima juta euro dan saat ini masih lebih banyak dipinjamkan.

Atau Lucas Silva yang direkrut pada Januari 2015 dan dilepas musim panas lalu. Juga Jesus Vallejo, yang banyak bergulat dengan cedera dan kini sedang dipinjamkan ke Granada dengan kemungkinan dilepas di musim panas.



Simak Video "Real Madrid Memburu Raja Tekel di Liga Prancis"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com