sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 06 Jul 2020 18:15 WIB

Real Madrid Delapan Poin Menuju Gelar Juara LaLiga

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Real Madrids head coach Zinedine Zidane, center, talks to his players during the Spanish La Liga soccer match between Athletic Club and Real Madrid at the San Manes stadium in Bilbao, Spain, Sunday, July 5, 2020. (AP Photo/Alvaro Barrientos) Real Madrid cuma butuh delapan poin untuk jadi juara LaLiga (Alvaro Barrientos/AP Photo)
Jakarta -

Kemenangan penting didapat Real Madrid saat tandang ke Athletic Bilbao. Hasil itu membuat El Real kini berjarak delapan poin dari gelar juara LaLiga 2019/2020.

Madrid melawat ke Nuevo San Mames, Minggu (6/7/2020) malam WIB, untuk menghadapi Bilbao dan pulang dengan tiga poin lewat kemenangan 1-0. Pahlawan kemenangan Madrid adalah Sergio Ramos lewat penaltinya di menit ke-73.

Kemenangan itu memang diprotes kubu Bilbao karena penalti Ramos didapat dari lewat keputusan kontoversial. Selain itu, Bilbao juga seharusnya mendapatkan penalti saat pemainnya dilanggar di area 16 meter.

Apapun itu, pertandingan sudah selesai dan Madrid makin kukuh di puncak klasemen LaLiga dengan 77 poin dari 34 laga, unggul empat angka dari Barcelona di posisi kedua yang juga meraih kemenangan 4-1 atas Villarreal.



Kondisi ini membuat Madrid tetap memegang kendali LaLiga dalam perburuan titel juara, terlebih mereka juga punya keunggulan head-to-head atas Barcelona musim ini (0-0 dan 2-0). Kira-kira apa yang harus dilakukan Madrid untuk bisa merebut gelar juara?

Menyapu bersih empat laga tersisa tentu sudah menjamin titel juara balik lagi ke ibukota setelah dua tahun berada di kota Catalunya. Meski demikian, Madrid sebenarnya hanya butuh delapan poin demi memastikan gelar juara liga ke-34 sepanjang sejarah.

Itu artinya Madrid masih boleh kehilangan maksimal empat poin, yakni dua menang dan dua imbang atau tiga kali menang dibarengi satu kali kalah. Itu dengan asumsi Barcelona juga menyapu bersih seluruh pertandingan tersisa.

Jika Barcelona kembali terpeleset, maka pesta juara liga bisa dihelat lebih cepat oleh pasukan Zinedine Zidane. Jadi, kendali LaLiga memang sepenuhnya ada di tangan Real Madrid dan melihat empat lawan tersisa, cuma Villarreal yang berpotensi menyulitkan.


Empat laga sisa Real Madrid (77 poin)

vs Alaves (10/7) - Kandang
vs Granada (13/7) - Tandang
vs Villarreal (15/7) - Kandang
vs Leganes (19/7) - Tandang

Empat laga sisa Barcelona (73 poin)

vs Espanyol (8/7) - Kandang
vs Real Valladolid (11/7) - Tandang
vs Osasuna (15/7) - Kandang
vs Alaves (19/7) - Tandang



Simak Video "Unggul Jumlah Pemain, Barcelona Malah Keok dari Osasuna"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com