sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 30 Jul 2020 21:55 WIB

Zidane Lebih Genius daripada Guardiola dan Mourinho

Randy Prasatya - detikSport
MADRID, SPAIN - MARCH 01: Manager Zinedine Zidane of Real Madrid CF looks on form the bench prior to start the Liga match between Real Madrid CF and FC Barcelona at Estadio Santiago Bernabeu on March 01, 2020 in Madrid, Spain. (Photo by Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images) Zinedine Zidane dianggap lebih genius dibandingkan Pep Guardiola dan Jose Mourinho. (Foto: Getty Images/Gonzalo Arroyo Moreno)
Jakarta -

Zinedine Zidane disebut genius karena mampu juara Liga Champions tiga kali beruntun. Kegeniusan itu bahkan tak dimiliki pelatih top lain macam Pep Guardiola atau Jose Mourinho, yang punya catatan mentereng di dunia kepelatihan.

Guardiola sudah berhasil memenangi puluhan trofi sebagai pelatih. Salah satu yang bergengsi adalah dua trofi Liga Champions, yang dimenangi saat bersama Barcelona. Salah satunya berujung treble.

Mourinho juga punya banyak gelar juara sebagai pelatih, yang di antaranya dua trofi Liga Champions, masing-masing dengan FC Porto dan Inter Milan. Saat masih bersama Inter, Mourinho mampu menyabet treble winner.

Zinedine Zidane belum pernah meraih treble saat melatih Real Madrid. Meski belum bisa menyamai catatan milik Guardiola dan Mourinho itu, Zidane mampu menjuarai Liga Champions tiga kali secara beruntun.

Pelatih Timnas Aljazair, Djamel Belmadi, menegaskan bahwa Guardiola dan Mourinho bisa dikatakan pelatih genius andai bisa memenangi Liga Champions tiga kali beruntun. Belmadi mengindikasikan bahwa kemenangan masih lebih penting daripada filosofi permainan.

"Saya mengagumi Guardiola, (Jurgen) Klopp, Zidane ... jangan lupa Zidane adalah pelatih yang hebat," kata Belmadi kepada L'Equipe.

"Jika Mourinho atau Guardiola sudah memenangi Liga Champions tiga kali berturut-turut, saya akan memanggil mereka genius. Zidane adalah orang yang genius, bahkan meski dia tidak merevolusi permainan," sambungnya.

"Di sisi lain, kita berbicara tentang filosofi beberapa pelatih yang belum pernah memenangkan apa pun. Momen seperti apa? - apa yang kita inginkan? Apakah kita menilai orang dengan menang atau dengan filosofi terbaik? Para fans selalu berharap Anda menang," tegasnya.

detikers setuju dengan pendapat soal Zinedine Zidane itu?



Simak Video "Zidane Jadi Pelatih Terbaik Dunia, Klopp-Guardiola Lewat"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com