sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 19 Agu 2020 16:35 WIB

Resmi! Ronald Koeman Pelatih Baru Barcelona

Mohammad Resha Pratama - detikSport
GUIMARAES, PORTUGAL - JUNE 05: Head coach / Manager, Ronald Koeman looks on during the Netherlands Media Access Session held at Estadio D. Afonso Henriques on June 05, 2019 in Guimaraes, Portugal. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images) Ronald Koeman resmi jadi pelatih baru Barcelona (Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Barcelona -

Barcelona akhirnya mengumumkan Ronald Koeman sebagai pelatih baru menggantikan Quique Setien. Koeman diikat kontrak berdurasi dua tahun hingga 2022.

Kepastian Koeman ini diumumkan Barcelona via twitter resminya, Rabu (19/8/2020) sore WIB. Koeman memang langsung didekati Barcelona usai memecat Setien sehari sebelumnya.

Koeman, yang saat ini masih jadi pelatih timnas Belanda, mau tak mau harus meninggalkan posisinya itu. Barcelona dan Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) sudah bersepakat soal uang kompensasi.

Dia langsung terbang ke Barcelona, Selasa (18/8) waktu setempat untuk mengurus finalisasi kontraknya dengan klub Catalan itu. Koeman bukanlah sosok asing di Camp Nou. Ia merupakan mantan pemain Barcelona di era keemasan Johann Cruyff, dan antara lain sukses titel LaLiga 4 kali. Koeman juga sempat menjadi asisten pelatih Louis van Gaal di Los Cules.

Koeman disebut-sebut sebagai pilihan pertama dari Josep Maria Bartomeu, presiden Barcelona saat ini. Padahal Barcelona sempat diisukan akan memulangkan Pep Guardiola atau Xavi Hernandez.

Yang pasti tugas Koeman akan berat musim depan karena harus merebut kembali trofi LaLiga dari Real Madrid. Tak cuma itu, Koeman harus mereparasi dulu "mesin" Barcelona yang sudah mulai usang karena banyak pemain bintang yang menua usianya.

Ditambah lagi, Ronald Koeman harus membujuk Lionel Messi agar tidak hengkang dari Barcelona. Sebab pemain asal Argentina itu diisukan akan cabut menyusul hiruk-pikuk di tubuh tim musim lalu.

Barcelona menuntaskan musim ini dengan hasil memalukan saat dibantai 2-8 oleh Bayern Munich di perempatfinal Liga Champions akhir pekan kemarin. Mereka juga terhenti di babak perempatfinal Copa del Rey.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Ronald Koeman Segera Latih Barcelona?"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com