Koeman: Melatih Barcelona Adalah Impian Saya

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 19 Agu 2020 22:20 WIB
AMSTERDAM, NETHERLANDS - NOVEMBER 19: Ronald Koeman, Manager of The Netherlands looks on prior to the UEFA Euro 2020 Qualifier between The Netherlands and Estonia on November 19, 2019 in Amsterdam, Netherlands. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Koeman antusias mengambil tawaran melatih Barcelona. Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos
Jakarta -

Ronald Koeman sudah resmi ditunjuk sebagai entrenador baru Barcelona. Pria asal Belanda itu menyebut melatih Blaugrana merupakan pekerjaan impiannya.

Koeman diketahui mengorbankan pekerjaannya sebagai pelatih Timnas Belanda untuk mengambil tawaran Barcelona. Padahal di tangannya, tim Oranje berhasil bangkit dari keterpurukan.

Sempat absen di Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018, Belanda dibawanya lolos ke Piala Eropa tahun depan. Virgil Van Dijk dkk juga sempat melaju ke final UEFA Nations League 2019, sebelum kalah dari Portugal di final.

Namun apa mau dikata, tawaran Barcelona sulit ditolak. Hasrat kembali ke Barcelona juga tak bisa ditahan oleh Koeman. Ia ingin merasakan lagi menjadi bagian skuad Barcelona untuk ketiga kalinya. Kesempatan memimpin Belanda di Piala Eropa pun rela ia lepas.

Setelah sempat menjadi pemain di periode 1989-1995 dan menjadi asisten pelatih pada 1998-2000, kini Ronald Koeman datang dengan status pelatih. Ia dikontrak sampai 2022.

"Sebuah kehormatan bagi saya melatih Tim Nasional Belanda. Selama 2,5 tahun lebih saya sudah melakukan segalanya untuk meraih kesuksesan bersama tim ini," kata Koeman, seperti dikutip situs resmi Federasi Sepakbola Belanda (KNVB).

"Saya melihat ke belakang dengan rasa bangga atas apa yang sudah kami raih bersama-sama. Timnas Belanda punya masa depan cerah, saya yakin itu."

"Tapi semua orang tahu kalau Barcelona adalah klub impian saya. Rasanya spesial bagi saya untuk menjadi pelatih di sana," tegas pria 57 tahun itu.

Semasa masih menjadi pemain, Ronald Koeman bergelimang trofi di Barcelona. Kini, ia pun dituntut membawa Barcelona meraih hal serupa. Selamat bertugas, Koeman!



Simak Video "Xavi: Barcelona Bukan Favorit Juara Liga Europa, Tapi Sevilla"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)