Wow! Sosok Ini Ngaku Sudah Dekati Klopp untuk Latih Barcelona

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 24 Agu 2020 18:40 WIB
Liverpools manager Jurgen Klopp stands on the pitch before the English Premier League soccer match between Liverpool and Crystal Palace at Anfield Stadium in Liverpool, England, Wednesday, June 24, 2020. (Shaun Botterill/Pool via AP)
Mungkinkah Juergen Klopp akan melatih Barcelona di masa depan? (Foto: AP/Shaun Botterill)
Barcelona -

Ronald Koeman baru saja menjadi pelatih Barcelona. Jordi Farre, salah satu kandidat di bursa presiden Barcelona, malah mengklaim sudah mulai ada pembicaraan untuk menggaet Juergen Klopp.

Barcelona sedang dilanda krisis setelah luluh lantak di perempatfinal Liga Champions dengan kekalahan 2-8 dari Bayern Munich. Hasil itu menandai Barca menyudahi musim 2019/2020 tanpa gelar juara, usai sebelumnya kehilangan titel LaLiga ke tangan Real Madrid dan kandas di delapan besar Copa del Rey.

Barcelona kemudian bereaksi dengan mengganti pelatih Quique Setien dengan Koeman serta memberhentikan direktur Eric Abidal. Revolusi Blaugrana akan berlanjut dengan melego sejumlah pemain-pemain seniornya. Yang paling santer akan dijual adalah Sergio Busquets, Luis Suarez, Ivan Rakitic, dan Jordi Alba.

Selain itu pekerjaan rumah besar bagi Barcelona lainnya adalah mempertahankan Lionel Messi. Kontrak megabintang Argentina itu tinggal tersisa setahun dan kabarnya, Messi betul-betul mempertimbangkan untuk hengkang.

Pemilihan Presiden baru Barcelona dimajukan sehingga akan digelar pada Maret 2021. Seandainya Josep Maria Bartomeu lengser, maka Barcelona akan memiliki rencana baru. Farre, yang berharap akan menggantikan Bartomeu, mengungkapkan pihaknya sudah mengontak Juergen Klopp tentang kemungkinan melatih Barcelona di masa depan.

"Kalau Koeman bekerja dan hasilnya bagus dia mungkin saja, sudah tentu [dipertahankan]," kata Farre kepada Sport, yang dilansir TeamTalk. "Sudah pasti kami punya roadmap dan kami sudah mulai melakukan sejumlah pembicaraan dengan Juergen Klopp, karena sepertinya Barca butuh pelatih seperti itu."

"Ini adalah sebuah momen yang istimewa dan Koeman adalah solusi yang bagus mengingat dia itu legenda Barcelona, sebuah tolok ukur. Karena karakter dia, saya pikir inilah yang diperlukan klub untuk sekarang. Saya mengharapkan dia yang terbaik karena tantangannya besar sekali."

Juergen Klopp menunjukkan kinerja yang luar biasa mengesankan sejak membesut Liverpool pada akhir 2015. Manajer Jerman itu sukses mengantar Liverpool menjuarai Liga Champions 2018/19, lalu mempersembahkan titel juara Liga Inggris pertama dalam 30 tahun. Namun, Klopp masih terikat kontrak di Merseyside sampai 2024.

(rin/krs)