Lionel Messi Mau Tinggalkan Barca, Fans Geruduk Camp Nou!

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 26 Agu 2020 10:25 WIB
FC Barcelona supporters gather outside the clubs headquarters in Barcelona, on August 25, 2020, following the announcement of Argentinian player Lionel Messis desire to leave the team. - Lionel Messi has informed Barcelona he wants to
Fans Barcelona melakukan aksi protes di depan Camp Nou, menyusul kabar kepergian Lionel Messi. (Foto: AFP/PAU BARRENA)
Barcelona -

Krisis Barcelona semakin parah karena Lionel Messi ingin pergi. Puluhan pendukung Barcelona kemudian menggeruduk Camp Nou.

Megabintang sepakbola Argentina itu telah mengirim faksimili kepada Barca agar dilego di musim panas ini, setahun lebih awal dari kontraknya yang masih berlangsung sampai 2021. Keputusan itu diambil Messi tak sampai dua pekan setelah Blaugrana tersingkir secara memalukan di perempatfinal Liga Champions usai takluk 2-8 di tangan Bayern Munich.

Kekalahan itu sendiri menandai bahwa Barcelona menyudahi musim 2019/20 tanpa gelar, kondisi yang pertama kali terjadi sejak 2007/08. Manajemen klub kemudian melakukan perombakan, termasuk mencopot direktur Eric Abidal dan pelatih Quique Setien yang digantikan Ronald Koeman tapi rupanya hal itu tidak cukup meyakinkan Messi.

Fans Barcelona langsung bereaksi dengan kabar kepergian Lionel Messi. Marca melaporkan, puluhan Cules melakukan protes di depan stadion.

[Lihat lagi gol pertama Messi bagi Barca di video berikut ini]

Presiden Barca Josep Maria Bartomeu menjadi sasaran kritik suporter. Bartomeu didesak turun dari jabatannya.

"Bartomeu, mundurlah," teriak suporter, yang beberapa di antara mereka mengenakan kaus jersey dengan nama punggung Messi.

Menurut spekulasi, Messi sudah mulai meragukan Barcelona sejak melepas Neymar ke Paris Saint-Germain pada 2017. Padahal superstar Brasil itu menjadi bagian penting dari trisula serangan, yang membawa Barcelona memenangi treble di 2014/15.

Messi, yang sudah mengemas hampir 650 gol untuk Barcelona, merupakan topscorer sepanjang sejarah klub. Pemain berusia 33 tahun itu memiliki klausul pelepasan senilai EUR 700 juta (Rp 12 triliun), dan sedang dikaitkan dengan kepindahan ke Inter Milan, Manchester City, dan PSG.

(rin/krs)