sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 24 Sep 2020 18:30 WIB

Trio MSG-nya Barca Cuma Seumur Jagung

Kris Fathoni W - detikSport
Barcelonas Lionel Messi, left, celebrates after scoring his sides second goal with Antoine Griezmann, centre and Luis Suarez during a Champions League soccer match Group F between Barcelona and Dortmund at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Wednesday, Nov. 27, 2019. (AP Photo/Joan Monfort) Trio MSG-nya Barca Cuma Seumur Jagung. (Foto: Joan Monfort/AP Photo)
Jakarta -

Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann. Tiga nama top yang pada awal musim 2019/2020 diplot jadi trio maut anyar Barcelona. Nyatanya trio MSG cuma berusia seumur jagung.

Griezmann didatangkan Barcelona dari Atletico Madrid pada musim panas 2019. Harapannya, ketajaman penyerang 29 tahun itu bisa melengkapi aksi Suarez dan Messi.

Kedatangan Griezmann sekaligus memunculkan antusiasme besar di antara para penggemar Barcelona, yang mengharapkan terlahirnya kembali trisula mau lini depan tim kesayangan selepas kepergian Neymar pada musim panas 2017.

Semasa Barcelona masih punya Neymar, aksi-aksinya bersama Messi dan Suarez dalam meneror pertahanan lawan acapkali mengundang decak kagum. Trio MSN, demikian julukan mereka saat itu.

Maka kedatangan Antoine Griezmann ke Camp Nou tahun lalu diharapkan dapat menjadi pengganti Neymar di lini depan. Kira-kira jadi semacam trio MSG.

Namun, kesempatan trio MSG untuk unjuk gigi bersama-sama relatif terbatas sepanjang 2019/2020. Kendala kondisi Lionel Messi, dan kemudian secara khusus Luis Suarez, membuat trisula ini bahkan cuma tampil bersamaan dalam sekitar sepertiga musim LaLiga.

Sampai dengan kompetisi LaLiga 2019/2020 berakhir pada pertengahan Juli 2020, setelah sempat tertunda akibat pandemi virus Corona, besoccer.com mencatat bahwa trio MSG cuma main bersama dalam 33,5 persen musim LaLiga saat itu.

Juga disebutkan bahwa cuma tiga kali trio MSG main bersama-sama selama 90 menit penuh, dalam kemenangan lawan Eibar dan Atletico Madrid, dan ketika berimbang lawan Real Sociedad.

Messi, Suarez, dan Griezmann pun disebut cuma main bersama selama 816 menit, dari 2.430 menit selama 27 matchday yang dimainkan sebelum jeda COVID-19.

Sepanjang musim 2019/2020 sendiri, di seluruh kompetisi Barcelona, TransferMarkt memperinci catatan individu masing-masing personil trio MSG. Ada Lionel Messi yang bikin 31 gol dan 26 assist, Luis Suarez dengan 21 gol dan 12 assist, sedangkan Antoine Griezmann membuat 15 gol dan empat assist. Barca sendiri, seperti diketahui, menyudahi musim tanpa gelar juara.

Dengan Luis Suarez kini akan pindah ke Atletico Madrid, trio MSG-nya Barcelona pun tinggal menyisakan Lionel Messi dan Antoine Griezmann, si M dan G. Trio MSG 'bubar' setelah cuma satu musim, dengan kesempatan tampil bareng yang juga minim.

(krs/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com