'Barcelona Sekarang Lebih Kompak'

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 08 Okt 2020 14:35 WIB
BARCELONA, SPAIN - OCTOBER 04: Phillipe Coutinho of Barcelona  celebrates after scoring his teams first goal  during the La Liga Santander match between FC Barcelona and Sevilla FC at Camp Nou on October 04, 2020 in Barcelona, Spain. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in fixtures being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Barcelona belum kalah sejauh ini di Liga Spanyol. Foto: Getty Images/David Ramos
Jakarta -

Barcelona belum terkalahkan Liga Spanyol di musim ini. Eks pemain mereka, Ivan Rakitic, turut memuji capaian tersebut.

Barcelona kini berada di peringkat kelima klasemen sementara dengan 7 poin. Mereka tertinggal di belakang Real Madrid (10 poin), Real Betis (9), Real Sociedad (8), dan Villarreal (8).

Meski begitu, keempat tim tersebut sudah memainkan 1-2 laga lebih banyak dari Barcelona. Sementara Lionel Messi dkk baru tampil tiga kali, dan sudah berhasil meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Pada tiga laga tersebut, Barcelona tampak segar dengan racikan baru ala Ronald Koeman. Tak ada lagi formasi 4-3-3 yang jadi ciri khas Barca selama beberapa tahun terakhir, di mana Messi menjadi pusat permainan. Koeman memilih formasi 4-2-3-1.

Entrenador asal Belanda itu tak mengorbankan salah satu dari Sergio Busquets atau Frenkie de Jong, melainkan memainkan keduanya bersamaan. Messi dipasang sebagai striker tunggal, dan peran pengatur serangan dipercayakan kepada Philippe Coutinho.

Dengan formasi tersebut, Villarreal dilibas 4-0, Celta Vigo dihajar 3-0, dan Barcelona bisa bermain imbang 1-1 dengan Sevilla, yang kini diperkuat Rakitic.

Perubahan yang dialami Barcelona itu juga diperhatikan oleh gelandang Kroasia tersebut. Menurut Rakitic, mantan klubnya itu sekarang terlihat kompak di lapangan, setidaknya dari apa yang dia lihat selama bertanding melawan mereka.

Tak terlihat bahwa inilah Barcelona yang selama beberapa bulan terakhir ada saja masalahnya, baik teknis maupun non teknis. Koeman membuat penampilan di lapangan lebih menonjol ketimbang masalah yang sebelumnya menjadi topik utama saat membicarakan Barcelona.

"Saya melihat Barcelona saat ini sangat kuat dan sangat kompak. Saya senang dengan hal tersebut, semoga mereka sukses ke depannya," kata Rakitic, dikutip dari SPORT.

Seusai jeda internasional, Barcelona akan menghadapi Getafe di Liga Spanyol, Minggu (18/10).

(adp/krs)