sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 29 Okt 2020 01:01 WIB

Bartomeu Tinggalkan Barcelona, Angin Surga untuk Messi?

Randy Prasatya - detikSport
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 27: Lionel Messi of FC Barcelona looks on during the La Liga Santander match between FC Barcelona and Villarreal CF at Camp Nou on September 27, 2020 in Barcelona, Spain. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in fixtures being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images) Lionel Messi bisa terus di Barcelona setelah Josep Maria Bartomeu pergi. (Foto: David Ramos/Getty Images)
Jakarta -

Josep Maria Bartomeu telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden Barcelona. Hal ini bisa menjadi sinyal Lionel Messi memperpanjang kontrak.

Bartomeu mengumumkan mundur pada Rabu (28/10/2020) dini hari WIB. Keputusan ini memang sudah diprediksi, menyusul adanya petisi dari lebih 16 ribu anggota klub yang menuntutnya mundur sebagai bentuk pertanggungjawaban atas performa buruk Barcelona musim lalu.

Ditambah lagi, Bartomeu sempat berselisih dengan Lionel Messi yang nyaris membuat kapten klub itu hengkang di akhir musim lalu. Pada prosesnya Messi bertahan, namun belum memperpanjang kontrak yang bakal habis akhir musim ini.

"Aku tidak senang dan ingin pergi. Aku belum diizinkan dengan cara apa pun untuk pergi, dan aku akan bertahan di klub agar tidak terlibat sengketa hukum. Manajemen klub yang dipimpin (presiden Josep Maria) Bartomeu adalah bencana," kata Messi setelah memutuskan bertahan pada awal September lalu.

Keputusan Bartomeu mundur mungkin menjadi angin surga untuk Messi. La Pulga bisa saja memperpanjang kontraknya dalam beberapa bulan ke depan.

Potensi tersebut sempat diutarakan oleh Luis Suarez, yang terpaksa terdepak dari Barcelona. Suarez menyebut Messi sebenarnya ingin terus di Barcelona asalkan jajaran direksi Barcelona berubah.

"Mungkin masih ada kemungkinan Messi bermain buat klub lain, tapi jika dia merasa nyaman dan gembira lagi, dan petinggi baru datang, dia bakal menginginkan untuk terus lanjut di klub. Sebagai teman, aku akan gembira jika dia sukses di sana maupun kalau dia ke klub lain," kata Suarez kepada ESPN pada awal Oktober.

Dengan mundurnya Bartomeu dan jajaran direksi, Barcelona punya waktu maksimal 90 hari untuk mengadakan pemilihan presiden baru. Bakal ada manajemen sementara untuk menjalani roda klub sehari-hari sampai pemilu selesai diadakan.

Beberapa calon presiden baru pengganti Bartomeu adalah Victor Font, Joan Laporta, dan Jordi Roche. Josep Maria Bartomeu sudah menjabat presiden klub sejak 23 Januari 2014.

Prestasinya adalah empat gelar LaLiga, empat gelar Copa del Rey, satu Liga Champions, satu Piala Super Eropa, dan satu Piala Dunia Antarklub.



Simak Video "Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu Mundur"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com