Cadiz Vs Barcelona: Blaugrana Dipermalukan 1-2

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Minggu, 06 Des 2020 05:16 WIB
Cadizs Alvaro Gimenez, center, challenges for the ball with Barcelonas Sergio Busquets, left, and Barcelonas Antoine Griezmann during the Spanish La Liga soccer match between Cadiz and FC Barcelona at the Ramon Carranza stadium in Cadiz, Spain, Saturday Dec. 5, 2020. (AP Photo/Alvaro Rivero)
Barcelona dikalahkan Cadiz dengan skor 1-2 di lanjutan Liga Spanyol (Foto: AP/Alvaro Rivero)
Cadiz -

Barcelona menelan kekalahan dalam lawatannya ke markas Cadiz dalam lanjutan Liga Spanyol. Blaugrana tumbang di tangan tim promosi itu dengan skor 1-2.

Laga Cadiz vs Barcelona digelar di Estadio Ramon de Carranza, Minggu (6/12/2020) dini hari WIB. Tuan rumah sudah mengejutkan Barcelona dengan mencetak gol cepat di menit kedelapan lewat Alvaro Gimenez.

Barcelona kemudian menggempur pertahanan Cadiz sejak awal babak kedua untuk mencetak gol balasan. Tekanan yang dilancarkan Barcelona kemudian membuat Alcala melakukan gol bunuh diri di menit ke-57 yang membuat Barcelona menyamakan kedudukan.

Namun, kesalahan lini belakang berakibat fatal untuk Barcelona. Situasi tersebut dimaksimalkan oleh Alvaro Negredo untuk mencetak gol di menit ke-63 untuk mengembalikan keunggulan Cadiz.

Di sisa waktu pertandingan, Barcelona terus berupaya menyamakan kedudukan. Namun, rapatnya pertahanan Cadiz dan penampilan apik Jeremias Ledesma di bawah mistar gawang membuat Barcelona gagal menambah gol.

Dengan hasil ini, Barcelona kini menempati peringkat ketujuh klasemen Liga Spanyol dengan 14 poin dari 10 laga. Mereka teringgal 12 poin dari Atletico Madrid yang ada di puncak. Sementara Cadiz ada di urutan kelima dengan 18 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Cadiz mengejutkan Barcelona dengan mencetak gol cepat di menit kedelapan. Berawal dari sepak pojok, bola yang coba dihalau Oscar Mingueza justru mengarah ke gawang sendiri. Bola ditepis Marc-Andre ter Stegen, tapi bola muntah mengarah ke Alvaro Gimenez yang berada di depan gawang.

Peluang untuk Barcelona. Lionel Messi melepaskan umpan terobosan kepada Martin Braithwaite yang kemudian melepaskan tembakan ke gawang. Namun, Jeremias Ledesma masih bisa menepisnya.

Barcelona mendapat tendangan bebas di dekat kotak penalti Cadiz. Bola tendangan Messi melewati pagar betis pemain Cadiz, tapi Ledesma mengantisipasinya dengan baik.

Messi mencoba mengecoh Ledesma dengan mengarahkan tendangan sudut langsung ke gawang. Namun, Ledesma lagi-lagi bereaksi dengan baik untuk menepis bola.

Memasuki babak kedua, Barcelona yang tertinggal langsung mengambil inisiatif menyerang. Kerja sama Pedri dan Braithwaite menghasilkan peluang untuk Messi. Namun, tendangan Messi dari depan kotak penalti masih bisa diamankan Ledesma.

Upaya Barcelona untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-57. Dari sisi kiri, Jordi Alba mencoba melepaskan umpan ke depan gawang.

Bola umpan dari Alba coba diblok oleh Alcala. Namun, upaya Alcala itu justru jadi gol bunuh diri. Bola berbelok dan Ledesma tak bisa mengantisipasi bola yang masuk ke gawangnya.

Skor imbang tak bertahan lama. Di menit ke-63, Cadiz kembali unggul. Kesalahan yang dilakukan lini belakangan Barcelona berbuah gol untuk Cadiz.

Gol ini berawal dari lemparan ke dalam Jordi Alba yang gagal dikontrol oleh Lenglet yang ada di kotak penalti. Ter Stegen mencoba menyapu bola, tapi justru mengarah ke Negredo. Dengan tenang, Negredo mengecoh Frenkie De Jong dan kemudian menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Peluang untuk Barcelona di menit ke-73. Bola sodoran dari Sergio Busquets jatuh ke kaki Sergino Dest. Namun, meski tinggal berhadapan dengan Ledesma, Dest gagal mengarahkan tembakannya ke gawang.

Ledesma kembali melakukan penyelamatan penting. Kali ini dia menghentikan tembakan kaki kiri Messi.

Cadiz mendapat peluang untuk menambah gol lewat serangan balik di menit ke-82. Negredo menerima bola dari Alejo dan kemudian melepaskan tembakan mendatar dari sisi kanan kotak penalti. Namun, Ter Stegen menepisnya.

Barcelona terus berupaya mencari gol balasan. Namun, Ledesma tampil prima di bawah mistar gawang Cadiz. Dia memblok tendangan Antoine Griezmann dan Miralem Pjanic.

Cadiz lagi-lagi mengancam lewat serangan balik. Alejo menyodorkan bola kepada Adekanye yang kemudian membawa bola hingga ke kotak penalti Barcelona. Namun, penyelesaian akhir Adekanye masih melebar dari gawang Ter Stegen.

Upaya Barcelona kembali digagalkan Ledesma. Kali ini tendangan Griezmann yang diblok oleh kiper Cadiz itu.

Meski Barcelona terus melancarkan tekanan, pertahanan Cadiz tampil solid untuk mematahkan serangan. Cadiz pada akhirnya mampu mempertahankan keunggulannya sampai laga tuntas.

Susunan Pemain

Cadiz: Jeremias Ledesma; Isaac Carcelen, Fali, Marcos Mauro (Alcala 31'), Alfonso Espino; Alberto Perea (Adekanye 80'), Jens Jonsson (Fernandez 80'), Yann Bodiger, Jairo Izquierdo; Alex Fernandez, Alvaro Gimenez (Negredo 62')

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Sergino Dest (Trincao 77'), Oscar Mingueza (Pedri 46'), Clement Lenglet, Jordi Alba; Frenkie de Jong, Sergio Busquets (Pjanic 77'), Philippe Coutinho (Dembele 46'); Lionel Messi, Martin Braithwaite, Antoine Griezmann



Simak Video "Messi Main, Kok Barcelona Malah Kalah?"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/mrp)