Madrid Vs Atletico di Akhir Pekan, Ini Data dan Fakta Derby Madrid

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 11 Des 2020 12:20 WIB
MADRID, SPAIN - FEBRUARY 01: Saul Niguez of Atletico de Madrid competes with Casemiro of Real Madrid during the Liga match between Real Madrid CF and Club Atletico de Madrid at Estadio Santiago Bernabeu on February 01, 2020 in Madrid, Spain. (Photo by Angel Martinez/Getty Images)
Real Madrid vs Atletico Madrid berduel di akhir pekan ini. (Foto: Getty Images/Angel Martinez)
Jakarta -

Duel Real Madrid vs Atletico Madrid menjadi menu utama LaLiga di akhir pekan ini. Ada sejumlah data dan fakta menarik yang layak diketahui sebelum duel derby Madrid itu.

Derby Madrid jilid pertama di 2020/21 akan naik panggung di Estadio Alfredo Di Stefano, Minggu (13/12/2020) dinihari WIB. Kedua tim terpisah selisih enam poin di klasemen sementara; Atletico di puncak dengan 26 poin hasil 10 laga, sedangkan El Real di posisi empat dengan memainkan satu laga lebih banyak.

Laga melawan Atletico menjadi kesempatan Madrid untuk melanjutkan momentumnya usai meraih dua kemenangan beruntun melawan Sevilla 1-0 dan Borussia Moenchengladbach 2-0. Sedangkan bagi Los Rojiblancos, Madrid menjadi ujian bagi konsistensinya usai tidak terkalahkan di 11 laga terakhir.

Berikut ini adalah statistik seputar duel Madrid vs Atletico, yang juga merupakan derby Madrid, seperti dirangkum dari Opta:

- Atletico Madrid gagal memenangi delapan pertandingan terakhir melawan Real Madrid (seri 5, kalah 3) setelah memenangi empat dari enam pertemuan sebelumnya di kompetisi itu (seri 2).

- Real Madrid hanya memenangi satu dari tujuh pertandingan kandang terakhir di LaLiga melawan Atletico (seri 3, kalah 3), tapi tidak terkalahkan dalam empat pertandingan terakhir melawan mereka (menang 1, kalah 3).

- Real Madrid cuma sekali kalah dalam 26 pertandingan terakhir melawan tim-tim sekota di La Liga (menang 17, seri 8), dengan skor 0-1 melawan Rayo Vallecano di Estadio de Vallecas pada April 2019.

- Atletico Madrid cuma sekali kalah dalam delapan derby terakhir di kompetisi ini (menang 5, seri 2) dengan mencetak clean sheet di tujuh laga di antaranya.

- Real Madrid menderita dua kekalahan dari tiga laga kandang terakhir LaLiga (menang 1) setelah terhindar dari kekalahan dalam 20 pertandingan di kandang sendiri sebelumnya di kompetisi ini (menang 16, seri 4).

- Atletico telah memenangi tujuh pertandingan terakhir LaLiga dengan tanpa kebobolan di enam di antaranya. Terakhir kali Atletico meraih delapan kemenangan atau lebih berturut-turut di kompetisi ini terjadi pada Maret-April 2014.

- Striker Atletico Luis Suarez telah mencetak sembilan gol dalam 11 pertandingan LaLiga melawan Real Madrid, tapi gagal membobol gawang lawannya itu di dua penampilan terakhirnya.

- Striker Real Madrid Karim Benzema cuma mencetak satu gol dalam 10 laga kandang LaLiga dalam derby Madrid melawan Atletico. Jumlah gol paling rendah Benzema melawan satu tim lawan yang sudah dia hadapi paling tidak tujuh kali di kandang di kompetisi ini.

- Sejak awal musim 2019/20, hanya pemain Sevilla Jesus Navas (10) yang berhasil menciptakan assist lebih banyak di LaLiga tanpa mencetak satu gol pun daripada pemain Atletico Kieran Trippier (7).

- Setelah memenangi pertandingan LaLiga melawan pelatih Atletico Madrid Diego Simeone (1-0 pada Februari 2016), pelatih Madrid Zinedine Zidane tidak terkalahkan dalam enam pertemuan terakhir melawan koleganya itu di kompetisi ini (menang 2, sei 4).

(rin/krs)