Puyol: Messi Mirip Michael Jordan, Sama-sama yang Terhebat

Bayu Baskoro - Sepakbola
Jumat, 25 Des 2020 06:00 WIB
Barcelona -

Carles Puyol tak ragu melabeli Lionel Messi sebagai pesepakbola terhebat. Eks kapten Barcelona itu pun menyamakan La Pulga dengan legenda NBA, Michael Jordan.

Puyol merupakan saksi hidup bagaimana Messi tumbuh dari jebolan La Masia, hingga menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Keduanya merupakan pilar penting Barcelona sejak tahun 2005 sampai pensiunnya Puyol pada 2014.

Sudah sejak awal Puyol menilai Messi sebagai sosok yang berbeda di Barcelona. Dalam pandangannya, pemain Argentina itu selalu meningkatkan permainan dan membawa klub asal Catalunya tersebut ke level tertinggi setiap tahunnya.

Kekaguman Carles Puyol kepada Lionel Messi berlanjut ketika La Pulga kini menjadi kapten Barcelona dan memimpin rekan-rekan setimnya. Peraih medali emas Piala Dunia 2010 itu angkat topi ketika juniornya tersebut berhasil memecahkan rekor pencetak gol terbanyak di satu klub dengan 644 gol.

Prestasi tersebut diakui Puyol menjadi bukti kehebatan Messi di dunia sepakbola. Puyol bahkan menilai pemilik enam Ballon d'Or itu sudah setara dengan Michael Jordan, sosok yang banyak disebut sebagai yang terhebat di kancah NBA.

"Dia itu sangat bagus dan tidak butuh waktu lama untuk menunjukkannya, tapi tak ada yang bisa menebak jika dia bisa sampai di tempat seperti sekarang ini. Sejak hari pertama, dia memberikan teladan dengan kerendahan hati dan caranya dalam melakukan sesuatu," kata Puyol tentang Messi, dikutip dari Mundo Deportivo.

While sitting by the scorers table before returning to play, Michael Jordan of the Chicago Bulls celebrates after a teammate scored a three point shot in the fourth quarter of Chicago's 103-93 win over the Washington Bullets at USAir Arena in Landover, Maryland 21 April. The Bulls ended the regular season with a record of 72-10. AFP PHOTO/Ted MATHIAS (Photo by TED MATHIAS / AFP)Eks pebasket Chicago Bulls, Michael Jordan. (Foto: TED MATHIAS/AFP)

"Anda menyadari bahwa dia adalah pemain yang berbeda bukan lantaran dia bisa membuat perbedaan dan memenangkan pertandingan apa pun kapan saja, tetapi karena dia selalu meningkat dari tahun ke tahun. Bagi saya, dia adalah yang terbaik selama tiga belas atau empat belas tahun berturut-turut," Puyol menambahkan.

"Jika anda bertanya kepada saya siapa Michael Jordan, saya selalu mengatakan bahwa dia adalah pebasket terhebat dalam sejarah. Saya pikir Messi memiliki status yang sama, sebagai pesepakbola paling hebat dalam sejarah," ujarnya.

(bay/adp)