Alaves Vs Atletico Madrid: Luis Suarez dkk Menang Dramatis 2-1

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 04 Jan 2021 00:22 WIB
VITORIA-GASTEIZ, SPAIN - JANUARY 03: Luis Suarez of Atletico de Madrid (C) celebrates after scoring their sides second goal  during the La Liga Santander match between Deportivo Alavés and Atletico de Madrid at Estadio de Mendizorroza on January 03, 2021 in Vitoria-Gasteiz, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Denis Doyle/Getty Images)
Luis Suarez mencetak gol penentu kemenangan Atletico. Foto: Getty Images/Denis Doyle
Vitoria-Gasteiz -

Atletico Madrid kembali merampas posisi pemuncak klasemen dari tangan Real Madrid, setelah berhasil mengalahkan Deportivo Alaves 2-1 di Liga Spanyol.

Di Estadio Mendizorroza, Minggu (3/1/2021) WIB, Atletico unggul lebih dulu lewat Marcos Llorente di menit ke-41. Kartu merah yang diterima Víctor Laguardia di menit ke-63 seolah membuat langkah Atletico meraih kemenangan terasa mudah.

Namun Alaves berhasil mencetak gol meski bermain dengan 10 orang. Gol bunuh diri Felipe di menit ke-84 hampir saja membuyarkan harapan Atletico. Namun Luis Suarez akhirnya muncul sebagai pahlawan berkat golnya di menit ke-90.

Hasil ini mengantarkan skuad asuhan Diego Simeone kembali ke posisi teratas klasemen sementara LaLiga dengan 38 poin dari 15 laga, unggul dua poin dari Madrid yang sudah bermain 17 kali. Sedangkan kekalahan ini membuat Alaves berada di urutan ke-13 dengan 18 poin dari 17 laga.

[Gambas:Opta]

Jalannya pertandingan

Yannick Carrasco nyaris membawa Atletico unggul lebih dulu di menit ke-6, namun sepakan kaki kirinya masih bisa digagalkan kiper Alaves, Fernando Pacheco. Peluang Atletico berikutnya hadir di menit ke-18, tapi sundulan Felipe masih bisa diblok Víctor Laguardia.

GOL! Setelah kesulitan menciptakan peluang sepanjang babak pertama, Atletico membuka skor di menit ke-41. Berawal dari serangan balik, umpan Luis Suarez berhasil diselesaikan Marcos Llorente dengan tendangan dari luar kotak penalti. Pacheco sempat berusaha menghalau, namun gagal.

Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Alaves mulai memberi perlawanan. Florian Lejeune punya peluang di menit ke-59, tetapi tembakan jarak jauhnya masih jauh dari sasaran. Namun saat sedang berusaha mencetak gol, petaka hadir bagi Alaves.

Laguardia diganjar kartu merah langsung oleh wasit di menit ke-63, menyusul pelanggaran keras terhadap Thomas Lemar. Pelanggaran itu dikonfirmasi oleh Video Assistant Referee (VAR).

Unggul jumlah pemain, Atletico bersemangat menggandakan keunggulan. Suarez nyaris mencetak gol di menit ke-70, tetapi tembakannya dari dalam kotak penalti malah gagal mengarah ke gawang. Lima menit kemudian, tendangan bebas Lemar masih bisa ditepis oleh Pacheco.

Alaves tak lantas menyerah. Sundulan Lejeune hampir saja mengubah skor di menit ke-80, namun masih membentur tiang gawang. Semenit berselang, giliran sepakan Tachi yang gagal berbuah gol.

GOL! Alaves menyamakan kedudukan! Berawal dari crossing Joselu di menit ke-84, bola coba dihalau oleh Felipe, namun bola malah masuk bersarang di gawang sendiri. Kiper Atletico, Jan Oblak, coba menghalaunya, namun sia-sia.

Tak ingin pulang ke Madrid dengan satu poin saja, Atletico terus menekan di sisa waktu yang ada. Di menit ke-90, upaya itu secara dramatis membuahkan hasil.

Umpan terobosan kepada Joao Felix ke kotak penalti lantas diteruskan lewat umpan silang yang mengarah ke Suarez. Berada di depan gawang yang kosong, striker Uruguay itu dengan tenang melakukan tap-in, mengoyak jala gawang Alaves. GOL!

Skor 2-1 menutup laga ini.

Susunan pemain

Deportivo Alaves: Pacheco, Aguirregabiria, Laguardia, Lejeune, Javi Lopez (Marin 89'), Battaglia, Mendez (Perez 75'), Jota, Garcia (Rodriguez 68'), Sainz (Rioja 68'), Deyverson (Joselu 75').

Atletico Madrid: Oblak, Hermoso, Felipe (Lodi 88'), Gimenez, Koke, Carrasco (Niguez 82'), Lemar, Llorente, Vrsaljko, Suarez, Correa (Joao Felix 62').

(adp/ran)