Andalan Barca, Jordi Alba Ngaku Dibenci Banyak Rival

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Selasa, 26 Jan 2021 14:05 WIB
BARCELONA, SPAIN - NOVEMBER 29: Jordi Alba of FC Barcelona looks on during the La Liga Santander match between FC Barcelona and C.A. Osasuna at Camp Nou on November 29, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Jordi Alba mengaku sebagai salah satu pesepakbola paling dibenci. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Barcelona -

Jordi Alba selama ini menjadi andalan di sisi kiri pertahanan Barcelona. Alba mengatakan, dirinya merupakan salah satu pesepakbola paling dibenci.

Bek kiri berusia 31 tahun itu langsung menjadi pemain yang nyaris tidak tergantikan setelah direkrut Barca dari Valencia pada 2012. Hingga musim kesembilan berkostum Blaugrana, Alba telah membuat 360 penampilan dengan sumbangan 18 gol dan 74 assist.

Kontribusi Alba berperan besar atas sukses Barcelona. Pemain internasional Spanyol itu membantu Los Cules memenangi 14 trofi, di antaranya lima gelar juara LaLiga, empat Copa del Rey, dan sekali Liga Champions.

Tidak heran apabila Jordi Alba menjadi salah satu pemain kesayangan publik Camp Nou. Namun, sudah pasti tidak demikian dengan pemain-pemain lawan Barcelona. Menurut Alba, dia tidak disukai karena gaya permainannya yang agresif.

"Jelas bahwa orang-orang yang mengenalku melalui sepakbola, mereka akan berpikir bahwa aku adalah salah satu pemain paling dibenci di sepakbola, itu jelas," kata Alba kepada Movistar Plus, yang dilansir Marca.

"Itu adalah gaya permainanku dan itulah yang membawaku menjadi pemain seperti sekarang ini dan ada di tempatku yang sekarang. Orang-orang lain yang mengenalku menganggapku sebagai seseorang yang sangat rendah hati yang menghargai segala hal dalam hidupku."

"Si pemain Jordi tidak ada hubungannya dengan Jordi si manusia biasa atau Jordi dengan rekan-rekan setimnya. Ya, memang benar bahwa caraku bermain sangat menjengkelkan dan aku memahami kebencian kepadaku dari orang-orang yang tidak mengenalku," terang pemenang Piala Eropa 2012 ini.

Jordi Alba sudah bermain di 24 pertandingan Barcelona di musim ini dengan sumbangan satu gol dan delapan assist. Barca perlahan mulai bangkit dari keterpurukan dengan kelolosan ke babak 16 besar Copa del Rey dan nangkring di peringkat tiga klasemen Liga Spanyol.

(rin/krs)