Cuma Semalam Dibui, Bartomeu Dilepaskan!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 02 Mar 2021 20:20 WIB
FILE - In this Nov. 8, 2019, file photo, President of FC Barcelona Josep Bartomeu pauses during and interview with the Associated Press at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain. Spanish police entered Barcelonas stadium on Monday March 1, 2021 and detained some people in a search and seize operation related to an investigation into club officials. The operation was related to last years Bar├žagate, in which club officials were accused of launching a smear campaign against current and former players who were critical of the club and then-president Josep Maria Bartomeu. (AP Photo/Emilio Morenatti, File)
Cuma semalam ditahan, Josep Maria Bartomeu dilepaskan per hari ini (AP/Emilio Morenatti)
Barcelona -

Josep Maria Bartomeu cuma bertahan semalam di balik jeruji besi penjara. Sebab eks presiden Barcelona itu langsung dilepaskan per, Selasa (2/3/2021) pagi waktu setempat.

Dikutip AS, Bartomeu dilepaskan bersama mantan penasehatnya Jaume Masferrer setelah tim pengacara membayar uang jaminan. Meski demikian, Bartomeu dan Masferrer menggunakan hak diam sehingga tidak bisa berkomentar dalam pengadilan yang diadakan hari ini.

Sementara itu, dua mantan petinggi Barcelona lain yang diciduk bersama Bartomeu, Roman Gomez Pont dan Oscar Grau belum dilepas atas tuduhan kasus suap yang melibatkan mereka.

"Pengadilan investigasi Barcelona 13, dalam kasus yang dibuka pada Mei 2020 untuk kejahatan administrasi yang tidak loyal dan korupsi bisnis, hari ini sudah menginvestigasi eks eksekutif FC Barcelona, Josep M. Bartomeu; dan Jaume Masferrer, sebagai orang yang diselidiki," ujar Pengadilan Tinggi Catalonia (TSJC) seperti dikutip dari Marca.

"Keduanya dalam penyelidikan dan telah dibawa ke pengadilan hari ini. Mereka menggunakan hak untuk tidak bersaksi dan hakim telah setuju untuk membebaskan mereka dengan jaminan. Meski demikian kasus ini tetap dibuka," lanjut mereka.

Meski Bartomeu dan Masferrer bebas, tapi keduanya tetap dalam penyelidikan kepolisian Spanyol. Mereka sepertinya tidak akan berhenti mencari bukti-bukti yang memberatkan dan bisa menjebloskan Bartomeu ke penjara.

Bartomeu ditangkap kepolisian Catalunya di rumahnya pada Senin (1/3/2021). Penangkapan pria 58 tahun tersebut bersamaan dengan penggeledahan kantor Barcelona oleh pihak kepolisian.

Penangkapan Josep Maria Bartomeu ini berkaitan dengan skandal Barcagate yang menerpanya. Pengusaha Spanyol itu diduga menggunakan jasa buzzer untuk menyerang lawan-lawannya di media sosial, sewaktu dirinya masih memimpin Barcelona.

Skandal Barcagate ini menjadi salah satu pemicu Bartomeu mendapat mosi tidak percaya dari anggota klub, sebelum memutuskan mundur dari jabatannya di Barcelona pada Oktober 2020. Informasi terakhir menyebut Barcelona tidak akan mendapat hukuman apapun, karena dianggap tidak terkait dengan kasus Bartomeu ini.

(mrp/bay)