Diangkat Bartomeu Latih Barcelona, Apa Opini Koeman soal Barcagate?

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 03 Mar 2021 00:01 WIB
BARCELONA, SPAIN - DECEMBER 08: Head coach Ronald Koeman of FC Barcelona during the UEFA Champions League Group G stage match between FC Barcelona and Juventus at Camp Nou on December 08, 2020 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Ronald Koeman prihatin dengan penangkapan Josep Maria Bartomeu. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Ronald Koeman bisa menjabat sebagai pelatih Barcelona berkat Josep Maria Bartomeu. Kini Bartomeu tersandung skandal dan sempat ditahan, apa opini Koeman?

Mantan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu jadi satu dari empat orang yang ditahan kepolisian Catalunya terkait skandal Barcagate. Bartomeu menginap semalam di tahanan, sebelum akhirnya bebas setelah tim pengacaranya membayar jaminan.

Bartomeu ditangkap kepolisian Catalunya di rumahnya pada Senin (1/3/2021). Penangkapan pria 58 tahun tersebut bersamaan dengan penggeledahan kantor Barcelona oleh pihak kepolisian.

Penangkapan Josep Maria Bartomeu ini berkaitan dengan skandal Barcagate yang menerpanya. Pengusaha Spanyol itu diduga menggunakan jasa buzzer untuk menyerang lawan-lawannya di media sosial, sewaktu dirinya masih memimpin Barcelona.

Isu ini membesar karena dugaan korupsi. Bartomeu diduga menggelembungkan ongkos jasa penggunaan buzzer tersebut hingga 600%, lalu mengakalinya dengan memecah transaksi menjadi sejumlah pembayaran dalam jumlah kecil.

Kasus ini jadi salah satu pemicu Bartomeu mendapatkan mosi tidak percaya, hingga akhirnya mundur dari jabatannya pada Oktober 2020 lalu. Tahun lalu, Barca juga diguncang sejumlah kasus kekisruhan internal dan ancaman pergi Lionel Messi.

"Itu tidak bagus buat citra klub, sih. Kami mesti menunggu dan melihat apa yang terjadi. Saya tidak di sini waktu kasus itu mencuat, saya tak tahu soal itu. Kami tak bisa berbuat apapun, cuma harus fokus ke sepakbola," ungkap Pelatih Barcelona Ronald Koeman dikutip Sport.

Koeman punya hubungan yang baik dengan Bartomeu, karena sang mantan presiden klub itulah yang membawanya kembali sebagai pelatih. Pria Belanda tersebut turut sedih ketika mendengar kabar Josep Maria Bartomeu ditahan kepolisian.

"Ketika berita itu keluar, saya ikut terpukul karena saya kenal baik dia, dan juga Oscar Grau, yang termasuk di antara empat orang yang ditangkap," sambungnya.

"Saya turut merasa prihatin buat mereka, karena saya punya sejumlah momen besar dengan mereka, meskipun kebersamaan kami cuma singkat. Buat saya, Bartomeu sudah selalu menjadi sosok yang luar biasa," tandas Ronald Koeman.



Simak Video "Semalam Dipenjara, Bartomeu Kini Dibebaskan"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/nds)