Florentino Perez Minta Madrid Segera Gelar Pilpres

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 03 Apr 2021 09:00 WIB
VALENCIA, SPAIN - FEBRUARY 22: Florenitno Perez, president of Real Madrid prior the Liga match between Levante UD and Real Madrid CF at Ciutat de Valencia on February 22, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)
Florentino Perez meminta Real Madrid mengadakan pilpres (Getty Images/Eric Alonso)
Madrid -

Florentino Perez meminta Real Madrid untuk segera mengadakan pemilihan presiden klub yang baru. Ini jadi cara Perez melanggengkan kekuasaannya.

Perez saat ini sudah memasuki periode keempatnya menjadi presiden Madrid. Sejak tahun 2000. Perez selalu menjabat posisi tersebut kecuali saat digeser Ramon Calderon pada 2006 hingga 2009.

Tapi, Calderon lantas mengundurkan diri setelah tiga tahun memegang klub dan Perez menggantikan tempatnya. Pada 2012, Perez dan para pemilik suara mengganti aturan pilpres Madrid.

Untuk berpartisipasi dalam pilpres tersebut, calon harus jadi anggota klub minimal selama 20 tahun dan mampu memenuhi setidaknya 15 persen dari budget klub setiap musimnya.

Dikutip Football-Espana, 15 persen itu setara dengan 92,5 juta euro dan sulit untuk rival menyaingi Perez. Alhasil, pria 74 tahun itu meminta para pemegang saham klub untuk segera mengadakan pilpres untuk memilih presiden serta jajaran manajemen baru tahun ini.

Sebab, periode keempat Perez yang dimulai sejak 2017 akan berakhir tahun ini.



"Setelah melakukan pertemuan dengan jajaran petinggi, presiden klub menurun artikel nomor 38 dari ADRT Real Madrid, meminta komite pemilihan untuk segera melaksanakan pemilu," ujar pernyataan resmi klub.

Melihat syarat yang ada, maka Perez sepertinya bakal terpilih lagi sebagai presiden. Satu-satunya pesaing Perez adalah pengusaha muda berusia 34 tahun, Enrique Riquelme, yang punya saham mayoritas Cox Energy.

Meski demikian, Riquelme sepertinya belum akan bertarung dengan Perez tahun ini. Florentino Perez, 74 tahun, adalah penggagas proyek Los Galacticos sekitar dua dekade lalu.

Bersama Perez, Madrid merajai kompetisi Eropa dengan lima gelar Liga Champions dan jadi klub terkaya di dunia bareng Barcelona. Perez adalah pemilik jasa kontraktor ACS, dengan total kekayaan 1,8 miliar dolar AS.

(mrp/ran)